Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 17:00 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Kepulauan Seribu akan Dibangun Jalan Keliling

Kawasan Pulau Tidung Kepulauan Seribu, Kamis (7/5). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 11 pulau di Kepulauan Seribu akan dibangun jalan melingkar atau keliling selebar enam meter. 

Jalan ini dikonsep mengelilingi pulau-pulau berpenghuni, yakni Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, Pulau Panggang, Pulau Harapan , Pulau Pramuka, Pulau Tidung, Pulau Besar, Pulau Payung Besar, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa, Pulau Lancong Besar, dan Pulau Sebira. 

Bupati Kepulauan Seribu Tri Djoko Sri Murgianto mengatakan pembangunan ini sudah direncanakan sejak 2014 dan ditargetkan selesai 2016. 

"Arah perkembangan Kepulauan Seribu kan fokus ke infrastuktur. Ini kami mau bangun jalan keliling di Pulau Tidung selebar enam meter biar wisatawan bisa bersepeda keliling pulau. Hal itu juga agar pulau tak ada bagian depan belakangnya," ujar Tri kepada satuharapan.com di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Kamis (7/5). 

Kendati proyek pembangunan jalan disinyalir memakan biaya hingga miliaran rupiah, Tri mengaku proyek pembangunan ini tidak menggunakan sistem tahun jamak atau multiyears. Pembangunan jalan ini, saat ini masih dalam tahap lelang. 

Pembangunan jalan keliling pulau ini diharapkan dapat meminimalisasi berbagai masalah, seperti tumpukan sampah. 

"Karena kalau dibangun jalan yang bagis dan bersih kan orang sungkan mau buang sampah. Jadi masalah apah bisa diorganisasi dengan baik," katanya. 

Selain itu, pembangunan jalan keliling itu juga diharapkan dapat mengundang wisatawan agar semakin tertarik datang ke Kepulauan Seribu.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home