Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:32 WIB | Kamis, 24 Oktober 2024

Korea Utara Mengirim 3.000 Tentara ke Rusia untuk Perang di Ukraina

Tentara Korea Utara sedang berlatih. (Foto: dok.Reuters)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM-Korea Utara telah mengirim 3.000 tentara ke Rusia untuk mendukung perangnya melawan Ukraina, kata anggota parlemen Korea Selatan pada hari Rabu (23/10) setelah diberi pengarahan oleh badan intelijen nasional, dua kali lipat dari jumlah perkiraan sebelumnya.

Pyongyang telah berjanji untuk menyediakan total sekitar 10.000 tentara, dan pengerahan mereka diharapkan akan selesai pada bulan Desember, kata anggota parlemen tersebut kepada wartawan.

Baik Moskow maupun Pyongyang telah membantah laporan tentang tentara Korea Utara yang menuju medan perang yang juga telah dibuat oleh Ukraina.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, meminta sekutu pada hari Selasa (22/10) untuk menanggapi bukti keterlibatan Korea Utara dalam perang Rusia.

Seorang diplomat tinggi Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin (21/10) bahwa Washington sedang berkonsultasi dengan sekutu-sekutunya mengenai implikasi keterlibatan Korea Utara dan menambahkan bahwa perkembangan seperti itu akan menjadi "perkembangan yang berbahaya dan sangat memprihatinkan" jika benar.

Badan Intelijen Nasional Seoul mengatakan pada hari Jumat bahwa Korea Utara telah mengirim sekitar 1.500 tentara ke Rusia melalui kapal. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home