Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 12:30 WIB | Selasa, 24 September 2024

KPU Jabar Tetapkan Empat Pasangan Calon pada Pilkada 2024 dan Nomor Urut

Empat paslon gubernur-wakil gubernur Jabar mengangkat hasil undian nomor urut dalam Pilkada 2024 di Aula KPU Jabar, Bandung, Senin (23/9/2024). (Foto: Antara)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan empat pasangan calon atau peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2024.

Empat pasangan itu adalah Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, Acep Adang Ruchiat-Gitalis Dwi Natarina, dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja.

"KPU Provinsi Jawa Barat pada tanggal 22 September 2024 pukul 14:30 WIB tadi melakukan rapat pleno tertutup terkait dengan empat bakal paslon, dan ditetapkan keempatnya memenuhi syarat semuanya ikut Pilkada 2024," kata Ketua KPU Provinsi Jabar, Ummi Wahyuni, di Bandung, Minggu (22/9).

Ummi mengatakan bahwa pihaknya akan menginformasikan hasil penetapan ini langsung kepada tim dari empat pasangan calon ini dalam rapat koordinasi terkait dengan tahapan berikutnya.

"Petang ini langsung kami adakan rapat koordinasi dengan empat paslon untuk persiapan dan deklarasi masuk tahapan kampanye," kata Ummi. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Provinsi Jabar, Adie Saputro, mengatakan bahwa penetapan ini setelah keempat paslon lolos verifikasi persyaratan.

Adie menyebutkan ada 19 syarat, antara lain, syarat administrasi terkait dengan calon, pencalonan, dan pemeriksaan kesehatan. "Semuanya sudah lengkap," katanya.

Keempat paslon mengikuti tahapan pengundian dan penetapan nomor urut pada hari Senin (23/9) di Kantor KPU Provinsi Jabar.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menetapkan nomor urut empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat yang akan berkontestasi dalam Pilkada 2024, dengan menggunakan simbol-simbol pewayangan.

Hal tersebut, dilakukan lewat Rapat Pleno Penetapan Nomor Urut Paslon di Gedung KPU Jabar pada Senin (23/9), yang dimulai sejak pukul 19:30 WIB, dengan satu persatu paslon memasuki Aula KPU Jabar setelah seluruh komisioner KPU Jabar dan Komisioner Bawaslu Jabar masuk terlebih dahulu.

Pengambilan nomor urut dilakukan dua tahap, yang pertama para calon wakil gubernur mengambil nomor antara 1-14 untuk mengurut dari urutan yang terkecil, dengan urutan pengambilan berdasarkan waktu kedatangan yakni secara berurutan pasangan Dedi-Erwan, Acep-Gita, Syaikhu-Ilham, dan Jeje-Ronal.

Setelah itu, seluruh paslon mengambil undian dengan kotak kayu bergambar karakter wayang golek yakni Gareng, Dawala, Cepot dan Semar.

Selepas seluruh paslon berada di tempatnya sesuai gambar karakter yang dipilihnya, mereka diminta untuk membuka kotak yang ternyata di dalamnya ada gunungan wayang dengan ada angka di depannya yang menunjukan nomor urut mereka nantinya pada kertas suara Pilgub Jabar.

Dari hasil pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada Jawa Barat 2024, hasilnya adalah Acep Adang-Gitalis Dwi Natarina mendapatkan nomor urut 1, Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja nomor 2, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie nomor urut 3, dan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan nomor urut 4.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home