Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:13 WIB | Jumat, 23 Juni 2023

KTT Paris, Dicapai Konsensus untuk Reformasi Badan Keuangan Global

Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mendengarkan selama sesi penutupan KTT Pakta Keuangan Global Baru, Jumat, 23 Juni 2023 di Paris. (Foto: AP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Presiden Prancis, Emmanuel Macron, mengatakan pada hari Jumat (23/6) ada "konsensus lengkap" pada pertemuan puncak para pemimpin dunia di Paris untuk mereformasi badan keuangan global seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Menyimpulkan pertemuan sekitar 40 kepala negara dan pemerintahan, Macron mengatakan konsensusnya adalah membuat mereka "lebih efisien, lebih adil, dan lebih cocok dengan dunia saat ini."

Prancis telah menggelar KTT dua hari untuk Pakta Pembiayaan Global Baru sebagai kesempatan untuk mendiskusikan ide menjelang sekelompok pertemuan ekonomi dan iklim besar tahun ini.

Para pemimpin dunia lainnya juga memberikan dukungannya pada gagasan reformasi Bank Dunia dan IMF, yang disebut lembaga Bretton Woodsyang dibentuk setelah Perang Dunia II yang didominasi oleh Barat.

"Kami perlu mengatakannya dengan sangat jelas: Bank Dunia tidak memenuhi harapan dunia dan kami perlu mengatakan ini," kata Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva, pada sesi penutupan KTT. "IMF tidak memenuhi harapan dunia."

Dia mengatakan IMF telah "dengan sangat tidak bertanggung jawab menjadikan Argentina pinjaman besar dan kami tidak tahu apa yang presiden Argentina lakukan dengan uang itu dan hari ini Argentina berada dalam situasi yang sangat berbeda karena tidak memiliki cukup dolar untuk membayar kembali IMF."

Kanselir Jerman, Olaf Scholz, juga mendukung reformasi "bagaimana bank-bank ini dikelola dan kerangka kerja untuk kegiatan mereka." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home