Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Rabu, 17 Juli 2024

Lamine Yamal, Pemain Terbaik Euro 2024, Bintang Muda Sepak Bola dari Spanyol

Lamine Yamal dari Spanyol berpose dengan trofi usai laga final melawan Inggris pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Berlin, Jerman, hari Minggu, 14 Juli 2024. Spanyol memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 2-1. (Foto: dpa/Tom Weller via AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Pemain remaja fenomenal Spanyol, Lamine Yamal, memenangkan Kejuaraan Eropa dan penghargaan pemain muda terbaik sepak bola dalam turnamen yang hanya sehari setelah ia berusia 17 tahun.

Yamal mendapatkan sebagian besarnya saat ia masih berusia 16 tahun, namun ia menyempurnakan kontribusinya terhadap kesuksesan Spanyol dengan memberi assist pada gol pembuka Nico Williams dalam kemenangan 2-1 atas Inggris di final pada hari Minggu (14/7).

“Ini adalah hadiah (ulang tahun) terbaik yang bisa saya minta. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan,” kata Yamal. “Menjadi sulit ketika mereka menyamakan skor, tapi saya tidak tahu tim ini terbuat dari apa karena kami selalu memberikan perlawanan.”

Pemain pengganti Inggris Cole Palmer menyamakan kedudukan untuk Inggris, tetapi Mikel Oyarzabal memastikan kemenangan Spanyol pada menit ke-86.

Yamal memberi umpan kepada Williams untuk mencetak gol pada menit ke-47 dengan melewati Luke Shaw dan memainkan bola ke kiri untuk pemain sayap Athletic Bilbao itu untuk pertama kalinya membentur tiang jauh. Yamal juga melakukan dua penyelamatan bagus dari kiper Inggris Jordan Pickford.

“Lamine luar biasa, seperti yang Anda semua lihat selama turnamen ini,” kata Williams. “Langit adalah batasnya baginya. Selain menjadi pemain bagus, dia juga sosok yang hebat.”

Yamal menjadi pemain termuda yang tampil di Kejuaraan Eropa, termuda yang mencetak gol di turnamen tersebut, dan termuda yang bermain di final.

Yamal bermain untuk Barcelona, ​​​​mengikuti jejak idolanya, Lionel Messi, setelah lulus dari akademi pelatihan klub yang terkenal, La Masia. Dia juga pencetak gol termuda di Liga Spanyol.

Dia menyelesaikan dengan empat assist dan satu gol dalam debutnya di Kejuaraan Eropa. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home