Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:26 WIB | Selasa, 31 Desember 2013

Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli: Saya Senang Blusukan

Lurah Lenteng Agung, Susan Jasmine Zulkifli. (Foto: Diah Anggraeni Retnaningrum)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menjadi seorang lurah, Susan Jasmine, tidak selalu berada di kantor. Dia seringi berada di luar kantor untuk melakukan observasi, memantau langsung kegiatan warga dan tidak segan-segan untuk turun langsung membantu warga. “Saya senang blusukan, apalagi menyusuri sungai termasuk Sungai Ciliwung,” kata dia kepada reporter satuharapan.com pada Senin (31/12).

Lurah yang sangat peduli akan lingkungan ini mengungkapkan bahwa ia menyemangati warganya untuk peduli terhadap lingkungan. Beberapa waktu lalu, dia bekerja sama dengan Kopassus untuk membuat lomba membersihkan sungai Ciliwung dari sampah plastik. Beberapa di antaranya adalah kelompok binaan yang pada lomba tersebut berhasil menjadi juara pertama. Warga Lenteng Agung lainnya juga berhasil menjadi juara ketiga dan kelima.

Tidak hanya sungai Ciliwung yang ia telusuri, namun sungai daerah Senen pun ia telusuri untuk memantau keadaannya. Kepeduliannya akan lingkungan dan tidak ragu untuk turun langsung membuatnya terkadang ditertawakan oleh beberapa rekannya. Namun, dia tidak peduli. Semuanya dia jalani dengan sukacita.

Lenteng Agung Lebih Kondusif

Selain kepeduliannya terhadap lingkungan, lurah yang terkenal humoris ini juga senang memberikan kejutan bagi warganya. Misalnya pada saat Ibadah Malam Natal di Gereja Oikumene Lenteng Agung, dengan tanpa memberi tahu sebelumnya, dia diam-diam datang dan mengikuti Ibadah Malam Natal di gereja tersebut.

Para jemaat sempat terkejut dan merasa sangat senang dengan kedatangannya karena pada undangan perayaan Natal yang diadakan pada 21 Desember 2013, Lurah Susan tidak bisa hadir. “Saya sengaja tidak memberi tahu jemaat di gereja itu. Saya ingin memberikan kejutan dan mereka sangat surprise dengan kedatangan saya. Kata mereka selama 25 tahun gereja ini berdiri, baru saya pamong yang datang ke acara mereka,” kata Lurah Susan.

Dalam pemberitaan sebelumnya, kondisi Kelurahan Lenteng Agung saat ini lebih kondusif dan tenang. Walaupun ia tidak sempat datang pada pemilihan ketua RW 08, ia mengucapkan selamat kepada ketua RW 08 yang terpilih, Nasri Nasrulloh. Nasri pernah menjadi salah seorang warga yang ikut mendemo dirinya. Namun, dengan terpilihnya ketua RW yang baru, Lurah Susan berharap bahwa Nasri bisa membantunya dalam bekerja sama dengan para warga agar kelurahan Lenteng Agung menjadi lebih baik lagi.

Menurutnya, ketua RW adalah perpanjangan tangan dari pekerjaannya sebagai Lurah. Oleh karena itu, dia akan memanggil Nasri untuk berdiskusi dan memberikan pengarahan apa saja yang harus dilakukan sebagai seorang ketua RW.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home