Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:27 WIB | Sabtu, 08 Juni 2024

Macron: Prancis Akan Jual Pesawat Tempur Mirage 2000 ke Ukraina

Jet tempur Mirage 2000 Prancis terbang di atas Estonia, pada 30 Maret 2022. (Foto: dok. AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Prancis berencana untuk menyediakan pesawat tempur Mirage 2000 ke Ukraina, kata Presiden Emmanuel Macron kepada stasiun TV Prancis pada hari Kamis (6/6).

Macron mengatakan bahwa pada hari Jumat (7/6), pada kesempatan kunjungan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy ke Prancis sebagai bagian dari perayaan ulang tahun D-Day, pemerintahnya akan mengumumkan akan menyediakan pesawat tempur tersebut ke Ukraina.

Dia tidak merinci berapa banyak Mirage yang akan disediakan Prancis, kapan, dan dalam kondisi keuangan apa. Macron mengatakan Prancis telah mengusulkan agar pilot Ukraina dilatih di Prancis mulai musim panas ini.

Dia juga mengatakan Prancis telah mengusulkan untuk melatih 4.500 tentara Ukraina. Dia tidak mengatakan di mana tentara tersebut akan dilatih, namun dia mengatakan bahwa saat ini tidak ada pelatih militer Prancis di wilayah Ukraina.

Mirage 2000 adalah jet tempur multi-peran bermesin tunggal.

Zelensky mengatakan pada bulan September bahwa dia telah mencapai kesepakatan mengenai pelatihan pilot Ukraina di Prancis dalam percakapan dengan Macron.

Panglima Angkatan Udara Ukraina mengatakan pada bulan Januari bahwa pesawat Mirage Perancis mungkin memperkuat angkatan udara Ukraina. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home