Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:06 WIB | Senin, 11 September 2023

Mahasiswa UK Maranatha Raih Juara Medical Olympiad Cabang Infeksi Tropis

Foto: dok. Medkom

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM -  Catrinne Fidelia (2010191) dan Videnza Agastya Pagehgiri (2010039) mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha berhasil meraih Juara III Regional Medical Olympiad (RMO) 2023 di cabang Infeksi Tropis.

Kompetisi terdiri dari beberapa babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, dan final. Pada babak penyisihan, peserta diberi soal pilihan ganda dan Objective Structural Pharmaceutical Examination atau OSPE.

Dari 19, enam tim dengan nilai tertinggi lolos ke babak semifinal. Pada babak ini peserta kembali diberikan soal pilihan ganda dan OSCE (Objective Structured Clinical Excamination). Tiga nilai tertinggi kembali melanjutkan perjalanannya ke babak final untuk mengikuti Lomba Cepat Tepat (LCT) dan SOOCA (Student Objective Oral Case Analysis).

“Lombanya seru karena bisa bersama-sama dengan teman dari cabang lomba yang lain, dan bisa bertemu teman-teman dari kampus lain,” ungkap Catrinne dalam keterangan resmi dikutip hari Senin (11/9).

Ia juga menceritakan momen haru yang ia rasakan selama lomba, “Saya merasa terharu juga karena lima cabang dari UK Maranatha berhasil masuk sampai semifinal dan dua cabang berhasil masuk sampai final."

Di bawah bimbingan dosen pendamping, yaitu dr. Djaja Rusmana, M.Si. dari bagian Mikrobiologi dan Prof. Dr. dr. Susy Tjahjani, M.Kes. dari bagian Parasitologi, Catrinne dan Videnza mempersiapkan perlombaan ini selama satu hingga dua bulan di semester pendek.

“Persiapannya kurang lebih 1-2 bulan karena kebetulan ada semester pendek. Jadi, waktu persiapannya bisa lebih banyak karena bersamaan dengan libur,” tutur mahasiswa angkatan 2020 ini.

Meskipun berhasil meraih juara, Catrinne dan Videnza pada mulanya dihantui oleh perasaan pesimistis.

“Awalnya pesimis sekali mau ikut lomba karena ini yang pertama kali. Selain itu, cabang yang diikuti juga tidak mudah, mengingat banyak kampus-kampus negeri dan swasta ternama yang ikut. Mereka lebih banyak pengalaman karena sudah pernah menang di tahun sebelumnya,” ujar Catrinne.

Namun, berkat dukungan kedua dosen pembimbing, serta tentunya persiapan yang matang, mereka mampu bangkit serta melaju hingga ke babak final.

“Pastinya merasa senang karena bisa membawa nama UK Maranatha di RMO. Kami berharap adik-adik angkatan 2021-2022 bisa ikut berpartisipasi di RMO mendatang,” tutur Catrinne yang berharap ke depannya dapat berpartisipasi di Indonesian Medical Olympiad.

Sebelumnya RMO 2023 dengan tema “Adrenaline” diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) Wilayah 3 pada 7-9 Agustus 2023. Pada penyelenggaraan tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Tristakti terpilih sebagai tuan rumah.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home