Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:08 WIB | Minggu, 11 September 2022

Menlu: Jerman Dukung Pasokan Senjata Ukraina Selama Diperlukan

Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, berbicara selama debat anggaran di majelis rendah parlemen Bundestag di Berlin, Jerman 7 September 2022. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Jerman, Annalena Baerbock, mengatakan dukungan Berlin untuk Ukraina tidak akan goyah dalam menghadapi berkurangnya pasokan energi Rusia saat dia tiba pada hari Sabtu (10/9) untuk kunjungan keduanya ke ibukota Ukraina, Kiev.

"Kami akan mendukung Ukraina selama diperlukan," kata Baerbock dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa dukungan Jerman akan mencakup senjata, serta bantuan kemanusiaan dan keuangan.

Pada bulan Mei, Baerbock menjadi anggota pertama pemerintah Jerman yang mengunjungi Kiev sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus”.

Jerman, bersama dengan negara-negara Uni Eropa lainnya, berjuang keras untuk mendukung rumah dan industri yang terbebani oleh lonjakan harga energi lebih lanjut setelah Rusia menghentikan pasokan melalui pipa gas alam Nord Stream 1.

"(Vladimir) Putin mengandalkan kami lelah dalam belas kasih kami untuk penderitaan Ukraina," kata Baerbock. "Rencana ini tidak akan dan tidak boleh berhasil karena seluruh Eropa tahu bahwa Ukraina membela perdamaian dan ketertiban keamanan kita," tambahnya.

Baerbock, yang dijadwalkan bertemu Menlu Ukraina, Dmytro Kuleba, Sabtu malam, mengatakan salah satu fokus kunjungannya adalah menawarkan bantuan Ukraina untuk membersihkan ranjau anti personil yang ditinggalkan oleh pasukan Rusia di lahan pertanian dan bangunan, sebuah tugas yang dia katakan bisa memakan waktu puluhan tahun. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home