Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:49 WIB | Kamis, 26 September 2024

Menlu: RI Perkuat Kemitraan Pembangunan di Pasifik dengan Kepulauan Solomon

Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon, Peter Shanel Agovaka. (Foto: Kemlu)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon, Peter Shanel Agovaka, di sela-sela Sidang Umum PBB ke-79 di New York.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno mengucapkan selamat atas penunjukan Peter Shannel Agovaka sebagai Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon dan membahas beberapa isu penting untuk mempererat hubungan bilateral.

Retno menyampaikan apresiasi atas dukungan Kepulauan Solomon terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia, dan menyampaikan bahwa Indonesia akan terus meningkatkan hubungan dengan kawasan Pasifik, termasuk melalui Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF), khususnya dalam isu- isu yang menjadi kepentingan bersama seperti pembangunan berkelanjutan dan perubahan iklim.

Komitmen Indonesia untuk menjadi mitra pembangunan bagi Pasifik, termasuk Kepulauan Solomon, juga ditekankan kembali. "Indonesia akan terus mendengarkan dan mendukung prioritas pembangunan Kepulauan Solomon,"  kata Retno.

Kedua Menlu juga membahas pentingnya konektivitas, termasuk memanfaatkan Indonesia sebagai hub negara-negara Pasifik ke dunia internasional. Terkait hal ini, Menlu Agovaka berharap dukungan Pemerintah RI untuk pengembangan jaringan fiber optik guna meningkatkan konektivitas internet di Kepulauan Solomon."

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home