Loading...
SAINS
Penulis: KP2 13:10 WIB | Selasa, 02 April 2013

Merokok Setelah Bangun Tidur Beresiko Kanker

(foto: Prasasta)

[JAKARTA] - Sebuah studi menunjukkan bahwa perokok yang menghisap rokok beberapa saat setelah bangun tidur memiliki resiko lebih besar terkena kanker paru-paru dan mulut.

Peneliti menemukan tingkat kimia NNK pembentuk tumor yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang menunggu setengah jam atau lebih untuk isapan pertama mereka hari itu.

Penelitian ini terlepas dari berapa banyak jumlah rokok yang mereka hisap setiap harinya. Steven Branstetter, yang memimpin penelitian di Penn State University di Amerika Serikat, mengatakan: "Kami percaya orang-orang yang segera merokok setelah bangun tidur menghirup asap lebih dalam dan lebih banyak."

Dia menambahkan bahwa "waktu untuk rokok pertama" bisa mengidentifikasi mereka yang berisiko tertinggi. Dan hal ini dapat membantu menemukan metode baru untuk membantu orang berhenti merokok.

Penelitian terhadap 1.945 perokok, menemukan bahwa 32 persen merokok pertama mereka dalam waktu lima menit setelah bangun dan 31 persen dalam waktu enam sampai 30 menit.

Studi awal ini masih mengesampingkan faktor lain yang mempengaruhi tingkat NNK, seperti usia seorang perokok, jenis kelamin, dan pada usia berapa mereka mulai merokok.
(thesun)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home