Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 04:36 WIB | Kamis, 25 Juli 2024

Microsoft Menyebutkan 8,5 Juta Perangkat Terkena Gangguan IT Global

Sebuah mesin register sebuah toko menampilkan layar biru akibat gangguan IT di Canberra, Australia, Jumat (19/7/2024). (Foto: Reuters/Lukas Coch)

SATUHARAPAN.COM-Microsoft memperkirakan sebanyak 8,5 juta perangkat atau di bawah satu persen dari total perangkat Windows di seluruh dunia terdampak gangguan IT global yang baru-baru ini terjadi.

Angka tersebut diumumkan Microsoft oleh wakil presiden keamanan perusahaan dan OS Microsoft, David Weston, dalam unggahan blog di situs perusahaan.

"Meskipun persentase (perangkat yang terdampak) kecil, dampak ekonomi dan sosial yang luas mencerminkan perusahaan yang menggunakan CrowdStrike menjalankan banyak layanan penting," tulis David, dikutip pada hari Senin (22/7).

David juga mengatakan meskipun gangguan IT ini bukan insiden yang disebabkan Microsoft, namun perusahaan teknologi itu bekerja sama dengan CrowdStrike untuk menangani permasalahan ini.

Pemulihan sistem berjalan lambat apabila setiap perangkat yang terpengaruh memerlukan perbaikan manual. Tetapi, Weston mengatakan Microsoft dan CrowdStrike telah mengembangkan solusi yang membantu infrastruktur Azure Microsoft untuk mempercepat pemulihan sistem.

Selain itu, Microsoft juga melibatkan Amazon Web Services dan Google Cloud Platform.

Diketahui, bisnis di seluruh dunia pada hari Jumat (19/7) melaporkan adanya gangguan IT, termasuk munculnya "layar biru kematian" pada komputer Windows mereka, dalam salah satu gangguan IT paling luas dalam beberapa tahun terakhir.

Gangguan ini telah memengaruhi perusahaan di berbagai sektor, mulai dari bank, jaringan makanan, dan rumah pialang, hingga organisasi berita, jaringan kereta api, dan maskapai penerbangan.

Pembaruan yang dilakukan perusahaan perangkat lunak keamanan siber CrowdStrike disebut sebagai penyebab dari gangguan IT yang memengaruhi operasional perusahaan berbagai sektor itu. Perangkat lunak perusahaan ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola keamanan pada perangkat dan server Windows.

Sebuah unggahan di forum dukungan CrowdStrike mengakui masalah ini, mengatakan bahwa perusahaan telah menerima laporan tentang adanya henti operasi yang terkait dengan pembaruan konten. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home