Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 13:04 WIB | Senin, 09 September 2024

Musim Panas 2024 Terpanas Yang Pernah Diukur dan Tercatat

Seorang pasien yang menderita sengatan panas menerima perawatan di sebuah rumah sakit di Karachi, Pakistan, 25 Juni 2024. (Foto: dok. AP/Fareed Khan)

SATUHARAPAN.COM-Musim panas 2024 sangat terik hingga menjadi yang terpanas di Bumi yang pernah tercatat, sehingga semakin besar kemungkinan tahun ini akan berakhir sebagai tahun terhangat yang pernah diukur manusia, layanan iklim Eropa Copernicus melaporkan pada hari Jumat (6/9).

Dan jika ini terdengar familier, itu karena rekor yang dipecahkan dunia baru saja terjadi tahun lalu ketika perubahan iklim yang disebabkan manusia, dengan dorongan sementara dari El Nino, terus meningkatkan suhu dan cuaca ekstrem, kata para ilmuwan.

Musim panas meteorologi utara — Juni, Juli, dan Agustus — rata-rata 16,8 derajat Celsius (62,24 derajat Fahrenheit), menurut Copernicus. Itu 0,03 derajat Celsius (0,05 derajat Fahrenheit) lebih hangat daripada rekor lama pada tahun 2023.

Catatan Copernicus kembali ke tahun 1940, tetapi Amerika, Inggris, dan Catatan Jepang, yang dimulai pada pertengahan abad ke-19, menunjukkan dekade terakhir ini merupakan yang terpanas sejak pengukuran rutin dilakukan dan kemungkinan dalam sekitar 120.000 tahun, menurut beberapa ilmuwan.

Agustus 2024 dan 2023 sama-sama menjadi Agustus terpanas secara global dengan suhu 16,82 derajat Celsius (62,27 derajat Fahrenheit). Juli adalah pertama kalinya dalam lebih dari setahun dunia tidak mencatat rekor, sedikit di belakang 2023, tetapi karena Juni 2024 jauh lebih panas daripada Juni 2023, musim panas ini secara keseluruhan menjadi yang terpanas, kata Direktur Copernicus Carlo Buontempo.

“Angka-angka yang tidak terlalu tinggi itu menunjukkan bagaimana krisis iklim semakin mencengkeram kita,” kata Stefan Rahmstorf, ilmuwan iklim di Institut Penelitian Iklim Potsdam, yang tidak menjadi bagian dari penelitian tersebut.

Ini adalah cengkeraman yang berkeringat karena dengan suhu tinggi, titik embun — salah satu dari beberapa cara untuk mengukur kelembapan udara — mungkin berada pada atau mendekati rekor tertinggi musim panas ini untuk sebagian besar dunia, kata Buontempo.

Hingga bulan lalu Buontempo, seperti beberapa ilmuwan iklim lainnya, ragu-ragu apakah 2024 akan memecahkan rekor tahun terpanas yang ditetapkan tahun lalu, terutama karena Agustus 2023 jauh lebih panas dari rata-rata. Namun kemudian Agustus 2024 ini menyamai 2023, membuat Buontempo "cukup yakin" bahwa tahun ini akan berakhir dengan rekor terpanas.

"Agar 2024 tidak menjadi yang terhangat yang pernah tercatat, kita perlu melihat pendinginan lanskap yang sangat signifikan selama beberapa bulan yang tersisa, yang tampaknya tidak mungkin pada tahap ini," kata Buontempo.

Dengan prakiraan La Nina — pendinginan alami sementara di sebagian besar Pasifik tengah — empat bulan terakhir tahun ini mungkin tidak lagi menjadi pemecah rekor seperti sebagian besar dari satu setengah tahun terakhir. Namun, suhu tersebut kemungkinan tidak cukup dingin untuk mencegah rekor tahunan tahun 2024 terpecahkan, kata Buontempo.

Ini bukan sekadar angka dalam buku catatan, tetapi cuaca yang merugikan manusia, kata ilmuwan iklim.

“Semua ini menyebabkan lebih banyak kesengsaraan di seluruh dunia karena tempat-tempat seperti Phoenix mulai terasa seperti tempat memanggang yang terkunci di tempat tinggi untuk waktu yang lebih lama dalam setahun,” kata dekan lingkungan Universitas Michigan dan ilmuwan iklim Jonathan Overpeck.

Kota Arizona tersebut telah mengalami lebih dari 100 hari cuaca bersuhu 100 derajat Fahrenheit (37,8 derajat Celsius) tahun ini. “Dengan gelombang panas yang lebih lama dan lebih parah, muncul kekeringan yang lebih parah di beberapa tempat, dan hujan lebat serta banjir di tempat lain. Perubahan iklim menjadi terlalu jelas, dan terlalu mahal, untuk diabaikan.”

Jennifer Francis, ilmuwan iklim di Pusat Penelitian Iklim Woodwell di Cape Cod, mengatakan telah terjadi banjir cuaca ekstrem berupa panas, banjir, kebakaran hutan, dan angin kencang yang dahsyat dan berbahaya.

"Seperti orang-orang yang tinggal di zona perang dengan suara bom dan suara tembakan yang terus-menerus, kita menjadi tuli terhadap apa yang seharusnya menjadi tanda bahaya dan sirene serangan udara," kata Francis dalam sebuah email.

Meskipun sebagian dari rekor panas tahun lalu disebabkan oleh El Nino — pemanasan alami sementara di beberapa bagian Pasifik tengah yang mengubah cuaca di seluruh dunia — efek itu telah hilang, dan ini menunjukkan bahwa pendorong utamanya adalah perubahan iklim jangka panjang yang disebabkan oleh manusia dari pembakaran batu bara, minyak, dan gas alam, kata Buontempo.

"Tidak mengherankan bahwa kita melihat ini, gelombang panas ini, bahwa kita melihat suhu ekstrem ini," kata Buontempo. "Kita pasti akan melihat lebih banyak lagi." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home