Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:36 WIB | Senin, 11 Juli 2016

Musim Pendakian Gunung Fuji di Jepang Dibuka

Gunung Fuji, ikon nasional berketinggian 3.776 meter di atas permukaan air laut, jalur perjalanan mendekati puncak melalui Fujinomiya Trail. (Foto: en.japantravel.com)

FUJINOMIYA, SATUHARAPAN.COM - Musim pendakian bagi Gunung Fuji, gunung terkenal di Jepang, dan termasuk salah satu dari tiga gunung yang disucikan selain Gunung Tate dan Gunung Haku, telah dibuka sepenuhnya.

Pihak berwenang, seperti diberitakan nhk.or.jp, mencabut larangan mendaki pada tiga rute yang dimulai dari Provinsi Shizuoka, Jepang tengah, pada hari Minggu (10/7/2016).

Gunung Fuji, dengan ketinggian 3.776 meter di atas permukaan air laut dan merupakan gunung tertinggi di Jepang, adalah situs Warisan Dunia UNESCO (Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, ditetapkan pada 22 Juni 2013, Red). Gunung tipe stratovolcano yang terakhir kali meletus pada 1707- 1708 dan terletak di antara Provinsi Shizuoka dan Provinsi Yamanashi itu, termasuk gunung tujuan wisata pendakian terkenal di dunia. Musim pendakian termasuk yang ditunggu-tunggu penggemar kegiatan pendakian gunung di seluruh dunia. 

Rute pendakian dari Yamanashi dibuka lebih awal pada bulan ini. Dalam ritual di sebuah kuil di Kota Fujinomiya di kaki gunung itu, Wali Kota Hidetada Sudo bergabung dengan lebih kurang 200 orang untuk mendoakan keselamatan para pendaki. Ia mengumumkan musim pendakian telah dibuka.

Pada hari pembukaan pendakian itu, langitnya biru, sehingga memberikan pemandangan jelas ke arah puncak gunung yang identik dengan ikon nasional Jepang tersebut.

Musim pendakian dibuka Juli hingga September mendatang. Memasduki musim dingin, gunung itu akan tertutup salju. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home