Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Minggu, 14 Juli 2024

Nepal: 60 Penumpang Hilang Setelah Bus Tersapu Tanah Longsor ke Sungai

Kendaraan terjebak di kawasan yang terkena longsor akibat kondisi jalan yang buruk setelah tiga hari diguyur hujan lebat di Myagdi, Nepal, 20 Oktober 2021. (Foto: dok. Reuters)

KHATMANDU, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 60 orang hilang di Nepal setelah tanah longsor yang dipicu oleh hujan lebat menyapu dua bus keluar dari jalan raya dan masuk ke sungai, kata pihak berwenang.

Lusinan personel pencarian dan penyelamatan sedang menyisir lokasi untuk mencari korban selamat dari kecelakaan di distrik pusat Chitwan, kata pejabat distrik, Khimananda Bhusal, kepada AFP.

Bhusal mengatakan bahwa bus-bus tersebut membawa sedikitnya 66 orang, namun tiga penumpang berhasil melarikan diri sebelum mereka jatuh ke jalur air dan kini dirawat di rumah sakit.

“Kami belum bisa memastikan jumlah totalnya karena bisa saja bus tersebut menjemput bus lain di jalan,” katanya. “Sungai meluap dan belum ada orang lain yang ditemukan.”

Kecelakaan itu terjadi di sepanjang jalan raya Narayanghat-Mugling, sekitar 100 kilometer (60 mil) sebelah barat ibu kota Kathmandu.

Perdana Menteri Pushpa Kamal Dahal mengungkapkan kesedihannya atas kecelakaan tersebut dalam sebuah postingan di platform media sosial X.

“Saya mengarahkan semua lembaga pemerintah, termasuk administrasi dalam negeri, untuk mencari dan menyelamatkan penumpang secara efektif,” katanya.

Kecelakaan mematikan relatif umum terjadi di negara Himalaya karena kondisi jalan yang buruk, kendaraan yang tidak dirawat dengan baik, dan pengemudi yang ugal-ugalan.

Perjalanan darat menjadi lebih mematikan selama musim hujan karena hujan memicu tanah longsor dan banjir. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home