Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:04 WIB | Selasa, 10 September 2024

Netanyahu Tuntut Kontrol Terbuka Perbatasan Gaza Dengan Mesir

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memberi isyarat di depan peta selama konferensi pers di kantor Pers Pemerintah di Yerusalem, hari Rabu, 4 September 2024. (Foto: Abir Sultan/pool via AP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pada hari Rabu (4/9) bahwa Israel harus mempertahankan kontrol terbuka atas perbatasan Gaza dengan Mesir, menegaskan pendiriannya tentang masalah yang mengancam akan menggagalkan upaya gencatan senjata.

Komentar Netanyahu muncul saat Amerika Serikat sedang mengembangkan proposal baru untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera, dengan harapan dapat memecahkan kebuntuan yang telah berlangsung lama dan mengakhiri perang yang telah berlangsung hampir 11 bulan.

Pertanyaan tentang kontrol Israel atas koridor Philadelphia – sebidang tanah sempit di sepanjang perbatasan Gaza dengan Mesir, yang direbut oleh pasukan pada bulan Mei – telah menjadi hambatan utama dalam perundingan tersebut. Hamas telah menuntut penarikan penuh Israel dari Gaza dalam kesepakatan gencatan senjata multi-fase.

Mesir, mediator dalam pembicaraan bersama AS dan Qatar, juga menuntut jadwal konkret bagi pasukan Israel untuk meninggalkan koridor Philadelphia. Dan pada hari Rabu, Uni Emirat Arab, yang menjalin hubungan formal dengan Israel dalam Perjanjian Abraham 2020, juga mengkritik sikap Israel.

Berbicara kepada wartawan asing, Netanyahu mengulangi pendiriannya bahwa Israel harus mempertahankan cengkeramannya di perbatasan untuk mencegah Hamas mempersenjatai kembali dengan menyelundupkan senjata ke Gaza.

Dia mengatakan itu adalah bagian penting dari tujuan perang untuk memastikan Hamas tidak dapat mengulangi serangannya pada 7 Oktober terhadap Israel.

“Gaza harus didemiliterisasi, dan ini hanya dapat terjadi jika koridor Philadelphia tetap berada di bawah kendali yang kuat,” katanya, mengklaim pasukan Israel telah menemukan lusinan terowongan di bawah perbatasan.

Dia mengatakan Israel hanya akan mempertimbangkan untuk menarik diri dari koridor tersebut ketika diberikan pasukan alternatif untuk mengawasinya.

“Bawakan saya siapa pun yang benar-benar akan menunjukkan kepada kita … bahwa mereka benar-benar dapat mencegah terulangnya” penyelundupan, katanya. “Saya tidak melihat itu terjadi sekarang. Dan hingga itu terjadi, kami akan tetap di sana.”

Tekanan Keluarga Sandera

Keluarga sandera yang tersisa telah meningkatkan tuntutan mereka agar ia menyetujui kesepakatan setelah Hamas membunuh enam sandera minggu lalu saat pasukan Israel tampaknya bergerak untuk menyelamatkan mereka.

Dalam pernyataan publik yang marah, keluarga sandera menuduh Netanyahu menghalangi kesepakatan dan berpotensi mengorbankan nyawa orang yang mereka cintai demi mempertahankan jalur perbatasan.

Ratusan ribu warga Israel telah turun ke jalan dalam beberapa hari terakhir, menuntut kesepakatan dan mengatakan waktu hampir habis untuk membawa pulang para sandera hidup-hidup.

Netanyahu menolak tekanan tersebut, dengan mengatakan pendiriannya diperlukan untuk “memastikan Hamas tidak menimbulkan ancaman bagi Israel.”

“Saya dapat memahami siksaan keluarga,” katanya. “Tetapi tanggung jawab para pemimpin bukan hanya untuk berbagi sentimen, emosi, tetapi juga untuk menggunakan penilaian.”

Ketika ditanya oleh wartawan tentang batas waktu untuk mengakhiri perang, ia menolak untuk memberikannya. “Berapa lama kita dapat melakukan ini? Selama diperlukan untuk mencapai kemenangan ini. Dan saya pikir kita semakin dekat,” katanya.

Netanyahu berulang kali menegaskan bahwa mempertahankan perbatasan juga akan menekan Hamas untuk membebaskan sandera. Pada satu titik, ia secara keliru mengklaim invasi Rafah pada bulan Mei memaksa Hamas untuk pertama kalinya membebaskan sandera – yang terjadi beberapa bulan sebelumnya pada bulan November berdasarkan kesepakatan gencatan senjata selama sepekan. Ia kemudian mengatakan kesepakatan itu adalah “hasil dari invasi kami, tekanan militer yang kami berikan kepada mereka.”

Serangan Israel di Tepi Barat

Kantor berita Palestina WAFA melaporkan pada Kamis (5/9) pagi bahwa serangan pesawat nirawak Israel menewaskan lima orang dan melukai seorang lainnya di dalam mobil di Tubas, Tepi Barat.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka melakukan “tiga serangan terarah terhadap teroris bersenjata yang mengancam para prajurit,” tanpa segera menjelaskan lebih lanjut.

Selama lebih dari sepekan, ratusan pasukan Israel telah melakukan operasi paling mematikan di Tepi Barat yang diduduki sejak perang Israel-Hamas dimulai. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home