Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:34 WIB | Selasa, 16 Juli 2024

Nigeria: Bangunan Sekolah Runtuh, 22 Siswa Tewas

Warga dan tim pencari korban terlihat di sekitar bangunan sekolah yang runtuh di Nigeria, hari Jumat (12/7). Setidaknya 22 siswa tewas. (Foto: AP)

ABUJA-NIGERIA, SATUHARAPAN.COM-Sebuah sekolah berlantai dua runtuh saat kelas pagi hari Jumat (12/7) di utara-tengah Nigeria, menewaskan 22 siswa, dan mengirim tim penyelamat untuk mencari lebih dari 100 orang yang terperangkap di reruntuhan, kata pihak berwenang.

Perguruan tinggi Saints Academy di komunitas Busa Buji di negara bagian Plateau runtuh tak lama setelah siswanya, banyak di antaranya berusia 15 tahun atau lebih muda, tiba untuk mengikuti kelas.

Sebanyak 154 pelajar awalnya terjebak di reruntuhan, namun juru bicara kepolisian Plateau, Alfred Alabo, kemudian mengatakan 132 di antara mereka telah diselamatkan dan dirawat karena luka-luka di berbagai rumah sakit. Dia mengatakan 22 siswa meninggal. Laporan sebelumnya oleh media lokal menyebutkan sedikitnya 12 orang tewas.

Lusinan penduduk desa berkumpul di dekat sekolah, beberapa menangis dan yang lain menawarkan bantuan, ketika ekskavator menyisir puing-puing dari bagian bangunan yang ambruk.

Seorang perempuan terlihat meratap dan berusaha mendekati reruntuhan sementara yang lain menahannya.

Badan Manajemen Darurat Nasional Nigeria mengatakan petugas penyelamat dan kesehatan serta pasukan keamanan telah dikerahkan di lokasi kejadian segera setelah kejadian tersebut, dan melakukan pencarian terhadap para siswa yang terjebak.

“Untuk memastikan perhatian medis segera, pemerintah telah menginstruksikan rumah sakit untuk memprioritaskan perawatan tanpa dokumentasi atau pembayaran,” kata komisaris informasi negara bagian Plateau, Musa Ashoms, dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah negara bagian menyalahkan tragedi tersebut pada “struktur dan lokasi sekolah yang lemah di dekat tepi sungai.” Mereka mendesak sekolah-sekolah yang menghadapi masalah serupa untuk ditutup.

Runtuhnya bangunan menjadi hal biasa di Nigeria, negara dengan jumlah penduduk terbesar di Afrika, dengan lebih dari selusin insiden serupa tercatat dalam dua tahun terakhir. Pihak berwenang sering kali menyalahkan bencana tersebut karena kegagalan menegakkan peraturan keselamatan bangunan dan buruknya pemeliharaan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home