Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:49 WIB | Sabtu, 21 September 2024

Olah Raga Baru: Berkuda Hobi, Beraksi Tanpa Kuda

Kejuaraan berkuda hobi ini pertama Jerman berlangsung di Frankfurt, Jerman.
Olah Raga Baru: Berkuda Hobi, Beraksi Tanpa Kuda
Seorang peserta melewati palang selama Kejuaraan Berkuda Hobi Jerman pertama di Frankfurt, Jerman, hari Sabtu, 14 September 2024. (Foto-foto: AP/Michael Probst)
Olah Raga Baru: Berkuda Hobi, Beraksi Tanpa Kuda
Seorang pedagang menawarkan kuda hobi untuk dijual di Kejuaraan Berkuda Hobi Jerman pertama di Frankfurt, Jerman, hari Sabtu, 14 September 2024.
Olah Raga Baru: Berkuda Hobi, Beraksi Tanpa Kuda
Seorang peserta berkompetisi dalam nomor dressage di Kejuaraan Berkuda Hobi Jerman pertama di Frankfurt, Jerman, hari Sabtu, 14 September 2024.

FRANKFURT, SATUHARAPAN.COM-Kejuaraan berkuda hobi pertama Jerman berlangsung di Frankfurt pada hari Sabtu (14/9), dengan ratusan penunggang muda berkompetisi dalam lompat waktu, lompat gaya, dan dressage di atas kuda kayu mereka.

Sekitar 300 penunggang kuda — kebanyakan anak muda, tetapi ada sekitar 20 orang dewasa yang terdaftar — diharapkan berpacu di sekitar gedung olah raga pada hari Sabtu (14/9) dan Minggu (15/9), disaksikan oleh 1.500 penonton.

Kompetisi ini merupakan bagian dari gelombang acara berkuda hobi yang semakin berkembang di tingkat internasional: Amerika Serikat dan Australia juga menyelenggarakan kejuaraan pertama mereka tahun ini.

“Berkuda hobi membuat saya percaya diri dan saya senang melakukannya bersama orang lain,” kata Max Gohde, seorang pesaing berusia 15 tahun dari Gifhorn, Jerman, yang telah berlatih sejak tahun 2020. “Dan sekarang ada juga suasana di sini, di mana semua orang senang untuk Anda. Dan menurut saya itu sangat keren.”

Acara tersebut bermula dari gerakan akar rumput di Finlandia, di mana para penunggang kuda memacu kuda hobi mereka melalui hutan Nordik lebih dari 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, hobi tersebut telah meledak popularitasnya melalui media sosial selama puncak pandemi virus corona, dan telah dianggap sebagai upaya untuk menyoroti pemberdayaan perempuan bagi para penggemarnya. "Tentu saja, jika Anda melihatnya seperti itu, awalnya terlihat lucu. Padahal, ini benar-benar olahraga yang berat. Ini adalah campuran atletik dan senam, dan Anda harus dalam kondisi prima untuk itu," kata Andreas Karasek, direktur pelaksana hubungan masyarakat Asosiasi Berkuda Jerman. Ia mengatakan saat ini ada sekitar 5.000 penunggang kuda yang aktif di Jerman dan 230 klub.

Felicia Walter, 18 tahun, penggemar berkuda dari Wiesbaden, mengatakan ia ingin ikut serta dalam kejuaraan tahun depan. "Dulu kami ditertawakan karena itu," katanya. "Tetapi jika Anda menjadi bagian dari kelompok yang lebih besar, saya rasa itu selalu berhasil dan terutama sekarang, jika Anda melihat sesuatu seperti itu, Anda merasakan kebersamaan."

Britta Skott, yang telah berlatih selama tiga tahun, berpikir bahwa olah raga ini "sangat menyenangkan" dan memungkinkan orang untuk "menjalani hasrat mereka terhadap kuda tanpa harus menunggangi kuda sungguhan."

Julia Mikkonen, kepala Asosiasi Kuda Hobi Finlandia, mengatakan bahwa olah raga berkuda hobi menggabungkan budaya kerajinan tangan Finlandia — beberapa penunggang membuat dan menghias tongkat dan kepala kuda yang diisi sendiri — dengan senam dan olah raga.

Di Jerman, asosiasi berkuda hobi nasional didirikan setahun yang lalu dengan hanya 13 anggota. Sekarang ada lebih dari 5.000 atlet aktif dan lebih dari 200 klub di seluruh negeri.

“Sangat penting bagi kami untuk memberi contoh dan membuat olah raga ini lebih populer,” kata Kay Schumann, presiden Asosiasi Berkuda Hobi Jerman. “Dengan kejuaraan ini, yang akan diadakan setiap tahun mulai sekarang, kami menawarkan tujuan yang memotivasi para penunggang kuda hobi untuk meningkatkan performa mereka dan bersaing satu sama lain.”

Sementara penyelenggara ingin mempromosikan pemberdayaan dan penerimaan melalui pengalaman yang positif dan inklusif bagi para pesaing, para kritikus telah menerkam kegiatan tersebut. Banyak penunggang kuda menghadapi perundungan dan komentar misoginis secara daring. Para pencela lainnya mengatakan bahwa kegiatan ini bukanlah olah raga.

Mikkonen membantah bahwa seperti halnya olah raga lain, penunggang kuda hobi perlu memiliki atletisme, otot inti yang kuat, dan stamina untuk menang.

Menurut situs web Asosiasi Berkuda Hobi Jerman, para peserta di Jerman akhir pekan ini akan dinilai berdasarkan faktor-faktor seperti ketepatan, waktu, dan keanggunan. Para juri akan memberikan nilai dalam kontes gaya dan ketangkasan berkuda, dan skor tertinggi akan menang.

Untuk ketangkasan berkuda, para petugas akan melihat postur, keterampilan, dan posisi tubuh penunggang. Apakah mereka menggunakan gerakan kaki yang elegan, dengan jari-jari kaki menyentuh tanah terlebih dahulu? Apakah mereka menggunakan berbagai kecepatan dan gaya berjalan dalam rutinitas mereka?

Pelompat gaya juga akan dinilai berdasarkan postur mereka, serta melompati bagian tengah rintangan, mendarat dengan baik, dan menjaga kecepatan yang stabil.

Schumann mengatakan anak-anak dan penunggang muda membawa hobi berkuda ke Jerman melalui media sosial. Mereka saling bertukar video dan gambar, dan membangun komunitas berdasarkan minat yang sama. "Itu menyebar seperti api," tambahnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home