Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 10:00 WIB | Kamis, 12 September 2024

Olimpiade Paris 2024 Sukses, Tetapi Jadi Malapetaka bagi Sebagian Bisnis

Petugas polisi memeriksa izin di pos pemeriksaan, 18 Juli 2024, di Paris. (Foto: dok. AP/David Goldman)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Pemilik bisnis dan manajer hotel di Paris dijanjikan musim panas yang tiada duanya. Jutaan wisatawan akan membanjiri ibu kota Prancis untuk Olimpiade dan Paralimpiade, menghasilkan keuntungan besar bagi Paris dan wilayahnya.

Dengan berakhirnya Olimpiade secara resmi, kini saatnya menghitung angka-angka. Dan banyak orang di industri jasa Paris mengatakan bahwa mereka mengalami salah satu musim panas terburuk yang pernah ada — terutama karena pembatasan keamanan di sekitar lokasi Olimpiade di pusat kota.

Tom Denaive, yang mengelola toko perhiasan keluarga yang berlokasi ideal di antara Museum Louvre dan Place de la Concorde — yang menjadi tuan rumah beberapa acara Olimpiade — mengatakan musim itu sungguh "dramatis."

Pada pertengahan Juni, kota itu menutup stasiun metro terdekat, lalu akses ke Taman Tuileries yang indah. Dan sepekan sebelum upacara pembukaan di Sungai Seine, rue de Rivoli di dekatnya, jalan utama pejalan kaki dan komersial, ditutup.

"Jalan itu mati," kata Denaive. “Saya merasa seperti kembali ke masa COVID-19.”

Kekecewaan juga dirasakan beberapa langkah dari rue Saint-Honoré, rumah bagi beberapa hotel paling bergengsi di Paris dan toko-toko haute couture terbaik.

“Saya memiliki semua rekor dari tahun lalu dan kami tidak menyamai satu pun,'' kata Marina Orlando, manajer toko di merek lilin mewah Prancis Diptyque. Orlando mengatakan penjualan pada bulan Agustus turun 29% dari tahun ke tahun.

“Kami diberi serenade lengkap tentang Olimpiade, bahwa itu akan menjadi luar biasa. ... Beberapa dari kami tidak pergi berlibur, itu adalah upaya logistik yang sangat besar sehingga kami semua bisa hadir pada D-Day,” katanya. Pada akhirnya, tambahnya, mereka memiliki toko yang penuh dengan staf tetapi sebagian besar kosong dari pelanggan.

Turis memang datang dalam jumlah besar. Data pemerintah yang dirilis pekan lalu menunjukkan bahwa sekitar 1,7 juta pengunjung internasional datang ke Paris selama periode Olimpiade, naik 13% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan 1,4 juta wisatawan Prancis lainnya mengunjungi ibu kota tersebut, naik 26%.

"Saya pikir taruhan negara kita telah membuahkan hasil," kata Olivia Grégoire, yang memimpin kementerian yang bertanggung jawab atas perusahaan, pariwisata, dan konsumsi, pada konferensi pers pekan lalu. Grégoire mengatakan Prancis, secara keseluruhan, berada di jalur yang tepat untuk mempertahankan — dan berpotensi melampaui — angka pariwisata yang memecahkan rekor tahun lalu.

Namun, berbelanja bukanlah prioritas pengunjung, kata pemilik dan pengelola toko. "Mereka datang ke sini untuk olah raga," kata Orlando.

Denaive setuju. Ia mengatakan bahwa wisatawan "menghabiskan begitu banyak uang untuk hotel, penerbangan, tiket ... mereka tidak punya banyak anggaran tersisa untuk berbelanja."

Banyak pengunjung berjuang untuk pergi ke toko dan restoran meskipun mereka ingin, karena Paris memilih untuk menyelenggarakan acara Olimpiade di jantung ibu kota yang ramai, daripada membangun taman Olimpiade di luar pusat kota.

Melindungi tempat-tempat tersebut melibatkan peningkatan aparat keamanan, mengerahkan hingga 45.000 polisi yang didukung oleh 10.000 tentara dan bala bantuan dari lebih dari 40 negara.

Sebagian besar warga Paris dan pengunjung menyambut baik langkah-langkah keamanan tersebut, tetapi tidak demikian dengan pagar besi yang dipasang di kedua sisi Sungai Seine yang membuat kota tersebut sulit dilalui.

Hanya mereka yang memiliki kode QR yang diberi izin untuk melewati pos pemeriksaan polisi, sehingga hampir mustahil bagi mereka yang tidak memilikinya untuk bepergian antara selatan dan utara kota, kecuali dengan metro. Dan izin untuk kode yang berharga itu bisa memakan waktu berhari-hari.

Bagi Patrick Aboukrat, yang asosiasinya mewakili 190 pemilik toko dan pemilik restoran di kawasan pusat kota Paris, Marais, Olimpiade itu "lebih dari sekadar bencana." Dari pertengahan Juni hingga akhir Juli, penjualan turun sekitar 35% hingga 40% secara rata-rata di area tersebut, katanya kepada AP melalui telepon.

Aboukrat, yang memiliki toko busana, mengatakan industri pakaian siap pakai sangat terpukul, dengan periode penjualan musim panas yang buruk secara tak terduga. Kota itu sangat sepi menjelang Olimpiade, kenangnya. "Kami berharap akan ada aktivitas yang lebih kuat dari biasanya, kami mendapati diri kami memiliki saham untuk dijual dan arus kas yang sangat rendah."

Aboukrat, seperti banyak orang lain yang berbicara dengan AP, akhirnya memutuskan untuk menutup tokonya di awal musim panas. "Itu tidak sepadan, dan orang-orang di dekat saya yang tetap buka mengatakan kepada saya bahwa toko itu kosong."

Hal serupa terjadi di Île de la Cité, pulau kecil di Seine tempat Katedral Notre Dame berada. Di sana, sebagian besar pedagang kehilangan 40% hingga 50% dari omzet mereka, menurut Patrice Lejeune, presiden asosiasi pedagang pulau itu.

Daerah itu sangat sulit dijangkau selama sebagian besar Olimpiade karena dikelilingi oleh penghalang keamanan logam.

Para pejabat mengatakan pembatasan itu diperlukan untuk menjamin keselamatan semua orang.

Grégoire, dari kementerian pariwisata, meremehkan potensi kerugian, dengan mengatakan bahwa "kami sering menjumpai orang-orang yang mengeluh."

Pada tanggal 14 Juni, pemerintah mengumumkan pembentukan komisi untuk menangani permintaan kompensasi finansial dari bisnis yang mengklaim bahwa mereka terdampak secara positif oleh Olimpiade. Grégoire mengatakan hal itu hanya akan berlaku bagi mereka yang berada di dalam perimeter yang menjadi sasaran tindakan pengamanan. Komisi akan mulai menilai permintaan pada bulan Januari.

Jean-Marc Banquet d’Orx, presiden serikat pekerja yang mewakili lebih dari 2.000 hotel, restoran, dan kafe di Paris, mengatakan semua orang pada akhirnya akan merasakan manfaat dari investasi yang dilakukan di kota itu menjelang Olimpiade.

“Kita tidak bisa menghentikan orang-orang pemarah,” kata Banquet d’Orx. “Tetapi bagi mereka yang mengeluh, saya katakan: Olimpiade akan berdampak pada tahun-tahun mendatang, bukan langsung.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home