Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:26 WIB | Minggu, 25 Februari 2024

Pakistan Blokir X Enam Hari, Para Aktivis Kritik Penutupan Platform Medsos

Media sosial. Regulator media Pakistan telah memblokir platform media sosial X, sebelumnya Twitter, sehingga pengguna di seluruh negeri mengalami penutupan sebagian dan seluruhnya. Tidak ada komentar mengenai pemblokiran yang dilakukan oleh Otoritas Telekomunikasi Pakistan dan pejabat pemerintah belum menanggapi pertanyaan berulang kali dari The Associated Press untuk dimintai komentar.(Foto ilustrasi: dok. Ist)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM-Regulator media Pakistan telah memblokir platform media sosial X, sebelumnya Twitter, dengan pengguna di seluruh negeri pada hari Kamis (22/2) mengalami gangguan besar-besaran, penutupan sebagian dan seluruhnya pada hari keenam.

Tidak ada komentar mengenai pemblokiran yang dilakukan oleh Otoritas Telekomunikasi Pakistan dan pejabat pemerintah belum menanggapi pertanyaan berulang kali dari The Associated Press untuk dimintai komentar.

Aktivis hak asasi manusia menuntut pemulihan penuh layanan internet dan akses ke media sosial. Washington juga mendesak Pakistan untuk mencabut pembatasan terhadap X.

Pemadaman ini pertama kali terjadi pada akhir pekan ketika partai politik mantan Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, yang dipenjarakan mengumumkan protes terhadap apa yang mereka katakan sebagai kecurangan dalam pemilihan parlemen pada 8 Februari.

Dalam pemungutan suara tersebut, kandidat yang didukung oleh Khan, yang dilarang mencalonkan diri, memenangkan sebagian besar kursi tetapi tidak mendapatkan mayoritas sederhana yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan.

Platform media sosial sering digunakan oleh penyelenggara protes untuk mengajak pengikutnya turun ke jalan dan menyebarkan informasi tentang rencana demonstrasi.

Pakistan telah menyaksikan peningkatan ketidakstabilan politik sejak pemungutan suara. Badan pengawas pemilu di negara itu membantah tuduhan partai Khan bahwa suara tersebut dicuri. Partai Tehreek-e-Insaf Pakistan atau TPI mengatakan pada hari Kamis (22/2) bahwa pembatasan terhadap X telah dilakukan oleh pihak berwenang untuk menekan suaranya di media sosial.

Pada hari Rabu, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Matthew Miller, menyatakan keprihatinannya dalam sebuah pernyataan kepada wartawan atas penghentian dan pembatasan kebebasan berekspresi dan berserikat di Pakistan.

“Kami terus menyerukan kepada Pakistan untuk menghormati kebebasan berekspresi dan memulihkan akses ke media sosial yang telah dibatasi termasuk Twitter, yang sekarang dikenal sebagai X,” kata Miller. “Kami telah dan akan terus menekankan pentingnya menghormati kebebasan mendasar ini selama pertemuan kami dengan para pejabat Pakistan.”

Saingan Khan, termasuk mantan Perdana Menteri Shehbaz Sharif, sedang mencoba membentuk pemerintahan koalisi. Sharif menggantikan Khan setelah dia digulingkan dalam mosi tidak percaya di parlemen pada tahun 2022. Sejak saat itu, Khan telah dihukum karena pelanggaran yang oleh para pendukungnya disebut sebagai tindakan bermotif politik untuk mencegahnya dari jabatannya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home