Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:15 WIB | Jumat, 19 Juli 2024

Parlemen Uni Eropa Tolak Mosi Mengecam Upaya Pembunuhan Trump

Mayoritas dari 720 kursi di majelis menolak tawaran yang diajukan oleh Patriots for Europe, sebuah kubu yang baru dibentuk yang diluncurkan oleh Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, agar parlemen mengeluarkan pernyataan dan mengeluarkan resolusi pada bulan September. (Foto: dok.AP)

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM-Parlemen Eropa pada hari Rabu (17/7) menolak mosi kelompok politik sayap kanan yang mengutuk upaya pembunuhan mantan presiden Amerika Serikat, Donald Trump, akhir pekan lalu.

Mayoritas dari 720 kursi di majelis menolak tawaran yang diajukan oleh Patriots for Europe, sebuah kubu yang baru dibentuk yang diluncurkan oleh Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, agar parlemen mengeluarkan pernyataan dan mengeluarkan resolusi pada bulan September.

Skeptisisme Orban terhadap bantuan Barat lebih lanjut untuk Ukraina, sikap anti-imigrasi yang keras, dan seruan agar kekuasaan Uni Eropa tidak terlalu terpusat di Brussel sejalan dengan pandangan Trump.

Kelompok Patriots for Europe yang dipimpinnya, yang mencakup National Rally sayap kanan Prancis, adalah kelompok terbesar ketiga di parlemen Uni Eropa.

Namun partai-partai berhaluan tengah di badan legislatif, yang memegang mayoritas legislatif, menolak untuk menangani hal ini, karena menganggap pandangan mereka ekstrem.

Bahkan kelompok sayap kanan utama lainnya, Konservatif dan Reformis Eropa, yang didominasi oleh Perdana Menteri Italia, Giorgia Meloni, tidak memiliki aliansi dengan mereka, karena sikap Patriots for Europe yang menentang bantuan lebih lanjut ke Kiev saat negara tersebut memerangi invasi Rusia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home