Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 20:30 WIB | Minggu, 19 November 2023

Pastor Katolik di Ohio Dihukum Seumur Hidup Karena Kasus Perdagangan Seks

Pastor Katolik Ohio yang dituduh melakukan perdagangan seks, Michael Zacharias, ditangkap di luar rumahnya di Findlay, Ohio, pada hari Selasa (14/11). (Foto: ist)

TOLEDO-OHIO, SATUHAAPAN.COM-Seorang pastor Katolik Roma menerima hukuman seumur hidup pada hari Jumat ( 17/11) sebagai hukuman atas lima dakwaan terkait dengan  perdagangan seks dalam penganiayaan terhadap tiga anak laki-laki yang menurut jaksa dia temui di sebuah prasekolah di Ohio, dan dipaksa untuk melanjutkan aktivitas seksual sebagai orang dewasa.

Pastor Michael Zacharias, 56 tahun, menerima hukuman seumur hidup secara bersamaan atas tuduhan perdagangan seks anak di bawah umur dengan kekerasan, penipuan, atau paksaan. Dia menerima hukuman 20 tahun penjara secara bersamaan atas dua dakwaan perdagangan seks terhadap orang dewasa dengan kekerasan, penipuan, atau paksaan dan satu dakwaan serupa yang memperdagangkan anak di bawah umur.

Jaksa mengatakan Zacharias “membayar korban untuk melakukan tindakan seks dengannya menggunakan ketakutan korban akan bahaya serius untuk memaksa mereka patuh.” Mereka juga mengatakan ketiga korban mengalami kecanduan narkoba yang serius dan sang pendeta “menunggu untuk melakukan seks komersial” sampai mereka terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Zacharias menegaskan dirinya tidak bersalah, dengan mengatakan bahwa tidak ada kontak seksual yang terjadi ketika anak-anak tersebut masih di bawah umur dan bahwa setiap kontak seksual setelah mereka dewasa adalah atas dasar suka sama suka. Ia juga mengatakan dua dari tiga orang tersebut menerima perlakuan yang baik dalam penuntutan kasus narkoba sebagai imbalan atas kerja sama mereka dalam kasusnya.

Keuskupan Katolik Roma di Toledo, yang memberikan cuti administratif kepada Zacharias setelah penangkapannya pada Agustus 2020, mengatakan bahwa hukuman tersebut “menandai langkah menuju keadilan bagi semua orang yang dirugikan” oleh tindakan Zacharias. Setelah hukumannya pada bulan Mei, keuskupan mengajukan kasus pemecatan Zacharias ke Tahta Suci, yang akan membuat keputusan akhir mengenai statusnya sebagai seorang imam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home