Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:21 WIB | Kamis, 12 September 2024

Pengadilan Belanda Vonis Penjara 14 Tahun Pemimpin Agama Pakistan

Vonis terkait dakwaan ancaman pembunuhan terhadap anggota parlemen anti Islam, Geert Wilders. Seorang lagi divonis penjara empat tahun.
Anggota parlemen anti Islam Geert Wilders, duduk di pengadilan keamanan tinggi di Schiphol, dekat Amsterdam, Belanda, hari Senin, 9 September 2024, untuk mendengarkan putusan terhadap dua pria Pakistan atas tuduhan mengancam Wilders. (Foto: AP/Peter Dejong)

SCHIPHOL-BELANDA, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Belanda menghukum dua pemimpin agama dan politik Pakistan tanpa kehadiran mereka pada hari Senin (9/9) atas seruan kepada para pengikut mereka untuk membunuh anggota parlemen anti Islam, Geert Wilders, pemimpin Partai Kebebasan yang memenangkan pemilihan umum tahun lalu di Belanda.

Wilders telah hidup di bawah keamanan 24 jam selama hampir 20 tahun karena ribuan ancaman terhadap hidupnya setelah kritiknya yang blak-blakan terhadap Islam. Pengawalnya dan dua polisi militer bersenjata duduk di ruang sidang untuk sidang hari Senin.

Tak satu pun dari terdakwa hadir di pengadilan untuk mendengarkan putusan. Mereka diyakini berada di Pakistan dan kemungkinan besar tidak akan diserahkan karena Pakistan tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Belanda.

Jaksa penuntut mengatakan pekan lalu bahwa permintaan yang mereka kirimkan kepada otoritas Pakistan untuk meminta bantuan hukum guna memberikan panggilan pengadilan kepada kedua pria tersebut tidak dilaksanakan.

Pengadilan memutuskan Muhammad Ashraf Asif Jalali bersalah karena mencoba memprovokasi pembunuhan dan menghasut pembunuhan Wilders dengan maksud teroris dan mengeluarkan ancaman. Ia dijatuhi hukuman 14 tahun penjara, sesuai dengan tuntutan hukuman yang dibuat pekan lalu oleh jaksa penuntut.

Pengadilan mengatakan bahwa Jalali adalah seorang pemimpin agama yang situs webnya mengklaim ia memiliki jutaan pengikut di seluruh dunia. Dikatakan bahwa komentarnya kepada para pengikutnya "melanggar privasi pribadi Wilders dengan sangat serius," dan menambahkan bahwa ancaman semacam itu "juga dapat membahayakan kebebasan berekspresi secara umum, sementara masyarakat demokratis mendapat manfaat dari kemampuan untuk bertukar pendapat tanpa bahaya fisik."

Dalam kasus kedua, pengadilan menghukum Saad Rizvi, yang memimpin Tehreek-e-Labaik Pakistan, atau TLP, yang merupakan kelompok Islam radikal, atas hasutan untuk membunuh dan mengancam Wilders. Ia dijatuhi hukuman empat tahun, dua tahun lebih ringan dari yang diminta jaksa. Ia mendapat hukuman yang lebih ringan karena pengadilan memutuskan bahwa komentarnya yang diunggah di media sosial tidak termasuk kejahatan teroris.

Wilders menyambut baik putusan dan hukuman dari panel tiga hakim tersebut. “Saya sangat senang dengan hal itu. Saya yakin, ini pertama kalinya di Belanda seorang imam, dari luar negeri dalam kasus ini, dijatuhi hukuman penjara yang lama karena memberikan fatwa kepada seorang anggota parlemen di Belanda. Kepala saya. Dan saya sangat senang dengan hal itu,” katanya di luar ruang sidang.

Mereka bukanlah orang Pakistan pertama yang dihukum dan dijatuhi hukuman di Belanda karena ancaman yang ditujukan kepada Wilders.

Tahun lalu, seorang mantan pemain kriket Pakistan, Khalid Latif, dijatuhi hukuman 12 tahun penjara atas tuduhan bahwa ia telah menawarkan hadiah untuk kematian Wilders. Latif juga tidak hadir dalam persidangan dan tidak ditahan di Belanda. Rizvi memuji Latif di depan umum, demikian putusan pengadilan pada hari Senin.

Selain itu, pada tahun 2019, seorang pria Pakistan ditangkap di Belanda, dihukum dan dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena mempersiapkan serangan teroris terhadap Wilders, yang terkadang disebut Donald Trump-nya Belanda.

Seorang jaksa, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, mengatakan kepada hakim pekan lalu bahwa ancaman mulai disiarkan di media sosial setelah Wilders mengumumkan bahwa ia akan menyelenggarakan kompetisi kartun Nabi Muhammad pada tahun 2018. Kontes yang direncanakan tersebut memicu protes marah di Pakistan dan di tempat lain di dunia Muslim.

Penggambaran fisik nabi dilarang dalam Islam dan sangat menyinggung umat Islam.

Wilders memberi tahu hakim pekan lalu tentang bagaimana ancaman tersebut telah mempengaruhi hidupnya.

"Setiap hari Anda bangun dan berangkat kerja dengan mobil lapis baja, sering kali dengan sirene menyala, dan Anda selalu menyadari di suatu tempat di benak Anda bahwa ini bisa menjadi hari terakhir Anda," katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home