Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:50 WIB | Jumat, 18 September 2015

Penghuni Rumah Susun Gratis Naik Transjakarta

Ilustrasi: Transjakarta. (Foto: Dok Satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Tak hanya pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) serta TNI/Polri yang gratis naik armada Transjakarta. Kini, warga yang tinggal di rumah susun (rusun) boleh berbahagia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menggratiskan tiket Transjakarta untuk mereka. 

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan penggratisan layanan bus Transjakarta bagi warga rumah susun digalakkan mulai hari ini. Ia menegaskan, layanan itu dapat dinikmati warga, caranya dengan menunjukkan kartu Bank DKI combo yang beralamatkan rumah susun. Kartu itu digunakan sebagai identitas pembayaran

Direktur PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Antonius Steve Kosasih mengatakan keputusan itu merupakan hasil kesepakatan bersama antara Dinas Perumahan DKI, Bank DKI, dan PT Transjakarta. 

"Seluruh penghuni rusunawa yang memegang Kartu Penghuni Rusun dari Bank DKI kami gratiskan naik Transjakarta. Ketentuan itu berlaku di seluruh koridor Transjakarta," ujar Kosasih saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (18/9). 

Ia menjelaskan, sesuai instruksi Gubernur, layanan gratis itu akan dilakukan dengan melakukan tapping kartu ATM penghuni rusun pada ticket gate di halte-halte Transjakarta. 

Hal itu mensyaratkan fungsi uang elektronik pada kartu ATM penghuni rusun harus sudah berfungsi. Pengumuman kepada para penghuni rusunawa akan dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, penggratisan tiket bus Transjakarta kepada penghuni rusun merupakan upaya yang dilakukan agar warga kembali ke sarana transportasi massal.

"Ini akan membuat orang mikir, ngapain saya pakai motor, lebih baik naik bus. Hanya PSO (Public Service Obligation, Red) mesti nambah. Nanti kami minta DPRD. Nggak apa-apa rugi karena itu bagian dari subsidi stimulus ekonomi," ujar Ahok. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home