Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:32 WIB | Rabu, 12 Juni 2024

Pentingnya Keterlibatan Orang Tua saat MPLS PAUD

Tangkapan layar - Psikolog sekaligus Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Weny Savitri dalam Webinar Selasa SERU Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (11/10/2024). ANTARA

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Psikolog sekaligus Ketua Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia (APPI) Weny Savitri menekankan pentingnya keterlibatan orang tua secara masif saat Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) anak khususnya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Sekolah belum dimulai saja sudah ada kegiatan dengan orang tua. Ini menandakan bahwa orang tua memang harus terlibat bahkan sebelum anak itu betul betul menginjakkan kakinya di sekolah,” katanya dalam Webinar Selasa SERU Kemendikbudristek di Jakarta, Selasa (12/6).

Weny mencontohkan, salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan memperkenalkan dahulu mengenai lingkungan sekolah baru sebelum anak mengikuti MPLS.

Selain itu, orang tua juga perlu mulai membiasakan pengaturan waktu dan jadwal yang baru bagi anak karena akan berbeda ketika mereka belum sekolah dan sudah bersekolah.

Pembiasaan tersebut termasuk mengenai waktu tidur baik pagi, siang, atau malam serta waktu makan terutama untuk sarapan bagi anak.

Kemudian, orang tua juga harus mampu menceritakan hal-hal yang menyenangkan mengenai sekolah itu kepada anak seperti akan adanya teman baru hingga mainan baru.

Menurut Weny, upaya-upaya tersebut dapat membentuk pemikiran pada anak bahwa sekolah itu menyenangkan sehingga mereka akan semangat mengikuti pembelajaran.

“Betul-betul mereka (anak) kan tidak tahu apa-apa, cemas, tidak suka lingkungan yang baru, tidak tahu harus bagaimana, mungkin saja ada rasa gelisah. Ini penting sekali orang tua untuk mendampingi,” katanya.

Tidak hanya orang tua, Weny menambahkan, guru pun harus mampu menelaah karakteristik setiap orang tua siswa yang akan masuk ke PAUD agar bisa membangun kerja sama yang baik dengan sekolah.

“Jadi mungkin nanti ada baiknya juga pihak sekolah Mengingatkan kembali bahwa penting sekali MPLS dan penting sekali keterlibatan serta pendampingan orang tua,” katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home