Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:54 WIB | Sabtu, 14 September 2024

Perdana Menteri: Ukraina Meningkatkan Produksi Senjata pada Tahun 2024

Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal, menghadiri konferensi pers, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kiev, Ukraina 3 Maret 2023. (Foto: dok.Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina telah meningkatkan produksi senjatanya tahun ini, Perdana Menteri Denys Shmyhal mengatakan pada hari Selasa (10/9) saat pasukan Ukraina yang kalah persenjataan berusaha menangkis pasukan Rusia yang menyerbu.

“Dalam delapan bulan pertama tahun 2024, kami telah menggandakan produksi senjata kami dibandingkan dengan tahun 2023. Kami membuat kemajuan. Produksi drone terus tumbuh,” kata Shmyhal.

Ia menambahkan bahwa Ukraina berencana untuk membangun lebih dari satu juta drone pada akhir tahun.

Ukraina sangat bergantung pada dukungan militer dari sekutunya tetapi telah mengembangkan industri persenjataannya sendiri agar tidak terlalu bergantung pada bantuan.

Sebagai bagian dari upaya ini, militer Ukraina berhasil menguji rudal balistik produksi dalam negeri, kata Presiden Volodymyr Zelenskyy bulan lalu.

Zelenskyy juga mengatakan bahwa pasukannya telah mengerahkan untuk pertama kalinya sebuah "drone roket" jarak jauh buatan Ukraina yang disebut Palianytsia.

Sambil mengembangkan produksinya sendiri, Ukraina masih melobi untuk bantuan berkelanjutan dari sekutu, termasuk pada pertemuan Ramstein dengan sekutu utama di Jerman minggu lalu.

Zelenskyy mendesak pengiriman cepat bantuan yang dijanjikan selama pertemuan tersebut dalam pidato hariannya pada hari Senin.

"Jalannya perang secara langsung bergantung pada kualitas logistik dalam pasokan dan pemenuhan semua janji oleh mitra," kata Zelenskyy. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home