Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:20 WIB | Selasa, 10 Oktober 2023

PGI: Cegah Korupsi, Gereja Tidak Sodorkan Proposal ke Caleg

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep, bertemua MPH PGI bahas mencegah intoleransi dan korupsi.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, dan Ketua Umum MPH PGI, Pdt. Gomar Gultom. (Foto: PGI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM- Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengunjungi Majelis Pekerja Harian (MPH) Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) membahas upaya mencegah dan melawan intoleransi serta korupsi, yang kerap terjadi di tengah bangsa ini.

“Fokus kami adalah bagaimana intoleransi yang masih terjadi di sejumlah daerah di Indonesia ini, bisa kita mencegahnya, juga persoalan korupsi. Dan kami bersyukur sejak empat tahun berjalan, anggota kami selalu memegang teguh untuk melawan intoleransi dan mencegah korupsi. Saya berharap ini bisa terus dilakukan, tentunya dengan melibatkan seluruh lembaga,” kata Kaesang yang baru diangkat menjadi Ketua Umum PSI.

Kaesang didampingi Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie, dan Sekjen PSI, Raja Juli Antoni, sebelumnya mengungkapkan kedatangan pengurus PSI adalah dalam rangka memohon nasihat terkait pencegahan intoleransi dan korupsi. Mereka bertemu di Grha Oikoumene, Jakarta, pada Selasa (3/10/2023).

Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, mengakui bahwa DNA PSI dan PGI memiliki kesamaan, yaitu melawan gerakan intoleransi dan korupsi. Menurut dia, salah satu upaya yang dilakukan oleh PGI adalah mengkampanyekan agar gereja tidak menyodorkan proposal kepada Caleg (calon anggota legislatif).

“Kami mengkampanyekan agar gereja tidak kasih proposal ke Caleg maupun Timsesnya supaya ongkos politik mereka tidak menjadi mahal. Melainkan mari mengumpulkan persembahan bagi Caleg yang dianggap layak didukung supaya ringan beban mereka. Ini salah satu cara memberantas korupsi,” katanya seperti dikutip laman PGI.

Pdt. Gomar Gultom mengatakan, PGI mendukung sepenuhnya seluruh upaya dalam rangka gerakan demokratisasi, gerakan politik di Indonesia yang berupaya memperjuangkan Indonesia yang toleran dan bebas korupsi.

“Dari platformnya yang sama, kita berharap di bawah kepemimpinan Mas Kaesang dunia perpolitikan kita berbenah diri untuk lebih setia kepada Pancasila, tetapi juga tetap dalam suasana anak-anak muda, gembira, santai dan santun,” katanya.

Kaesang mengapresiasi kampanye yang telah dilakukan PGI. “Betul apa yang disampaikan Pak Pdt. Gomar supaya tidak meminta sumbangan dari para Caleg maupun Capres, karena nanti Caleg dan Capres tersebut biaya kampanyenya membengkak, nanti minta balik modal setelah jadi pejabat. Kalau kami dari PSI senang karena biaya kampanyenya kecil,” katanya.

Para pimpinan gereja yang turut hadir dalam pertemuan ini, menyampaikan harapan kepada PSI, seperti yang disampaikan Ketua Umum PGIW Banten, Pdt. Benny Halim. “Intoleransi dan korupsi adalah persoalan klasik di negara ini. Maka kata kuncinya adalah bagaimana kader PSI berkomitmen untuk tidak terlibat dalam kedua persoalan itu. Ini sangat penting sehingga kehadiran PSI membawa aura solidaritas dan angin segar di tengah bangsa ini,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum PGIW DKI Jakarta, Pdt. Arliyanus Larosa. Dia berharap dibawah kepemimpinan Kaesang, PSI tetap fokus, dan semakin kuat dalam melawan intoleransi dan korupsi.

Diakhir pertemuan, Sekjen PSI yang sekaligus Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, menyampaikan terimakasih atas semua masukan yang telah diberikan. Masukan-masukan tersebut menurutnya akan dirumuskan sebagai agenda politik PSI, sehingga kehadiran partai yang belum lama berdiri ini dapat menjadi garam dan terang.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home