Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:11 WIB | Kamis, 03 Oktober 2024

PM Baru Jepang, Shigeru Ishiba, Dilantik, Umumkan Kabinet

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang, Yoshimasa Hayashi, dan staf bertepuk tangan untuk Perdana Menteri Fumio Kishida yang akan lengser saat ia meninggalkan kantor perdana menteri di Tokyo, Jepang, 1 Oktober 2024. (Foto: Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Shigeru Ishiba dipilih oleh parlemen sebagai perdana menteri Jepang berikutnya pada hari Selasa (1/10) dan umumkan kabinetnya saat ia berupaya menyembuhkan perpecahan partai dan mempersiapkan pemilihan umum dadakan pada tanggal 27 Oktober.

Mantan menteri pertahanan berusia 67 tahun itu, yang memenangkan persaingan ketat untuk memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa pekan lalu, hampir dipastikan akan ditunjuk sebagai perdana menteri karena partainya memiliki mayoritas di parlemen.

Hasil pemungutan suara diperkirakan sekitar pukul 1:40 siang, yang kemudian akan diikuti oleh pengangkatan resmi Ishiba dan kabinetnya oleh Kaisar dalam sebuah upacara di Istana Kekaisaran Tokyo. Ishiba juga diperkirakan mengadakan konferensi pers pada hari Selasa.

Anggota parlemen veteran itu, yang dianggap sebagai orang luar di partainya yang gagal dalam empat pencalonan kepemimpinan sebelumnya, telah mulai memilih pejabat pemerintah dan partai yang akan bertarung dalam pemilihan umum mendatang bersamanya.

Sejauh ini, mereka termasuk dua kandidat saingan dalam pemilihan kepemimpinan, Katsunobu Kato sebagai menteri keuangan dan Yoshimasa Hayashi yang akan tetap menjabat sebagai kepala sekretaris kabinet, sebuah jabatan penting yang mencakup peran juru bicara pemerintah, dua sumber yang mengetahui penunjukan tersebut mengatakan kepada Reuters sebelumnya.

Seorang sekutu dekat Ishiba, Takeshi Iwaya, mantan kepala pertahanan, akan mengambil alih jabatan sebagai menteri luar negeri, sementara Jenderal Nakatani akan kembali ke kementerian pertahanan, sebuah jabatan yang dipegangnya pada tahun 2016, kata sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara di depan umum, mengonfirmasi laporan media sebelumnya.

Yoji Muto, mantan menteri muda, akan mengambil alih tugas di kementerian ekonomi, perdagangan, dan industri, kata sumber terpisah.

Penunjukan Kato ke kementerian keuangan akan diawasi ketat mengingat ia menjabat di posisi kunci dalam pemerintahan mantan perdana menteri Shinzo Abe, yang menjalankan kebijakan fiskal dan moneter ekspansif.

Indeks saham Nikkei turun hampir lima persen pada hari Senin (30/9) sebagai reaksi terhadap melonjaknya yen menyusul kemenangan Ishiba atas Sanae Takaichi, seorang penentang moneter dan ekspansionis fiskal, dalam kontes kepemimpinan hari Jumat. Indeks pulih sedikit pada hari Selasa (1/10).

Takaichi, seorang konservatif garis keras yang dikalahkannya dengan 215 suara berbanding 194 pada hari Jumat dalam pemilihan kepemimpinan yang ketat dalam hampir tujuh dekade, tampaknya tidak mencalonkan diri untuk posisi puncak setelah media lokal melaporkan ia menolak jabatan senior partai.

Itu dapat menyulitkan Ishiba, yang selalu menjadi favorit dalam jajak pendapat publik, untuk mengelola kelompok penguasa yang terpecah belah yang diguncang oleh skandal.

Namun, terlepas dari berbagai masalah yang dihadapinya, partai yang telah memerintah Jepang selama sebagian besar era pascaperang tersebut kemungkinan besar akan tetap berkuasa dalam pemilihan umum mendatang mengingat oposisi Jepang yang lemah.

Sepertiga responden jajak pendapat akhir pekan oleh surat kabar Mainichi mengatakan bahwa mereka mendukung LDP, dibandingkan dengan 15 persen yang mendukung oposisi utama Partai Demokrat Konstitusional Jepang.

Lebih dari separuh responden, termasuk mereka yang mendukung partai oposisi, mengatakan bahwa mereka optimis dengan pengangkatan Ishiba. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home