Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:27 WIB | Jumat, 02 Oktober 2015

PM Tiongkok Ucapkan Selamat PM Singapura Terpilih Kembali

Ilustrasi: PM Singapura Lee Hsien Loong (kaus oranye) menemani umat Muslim Singapura berbuka puasa di bulan Ramadan 2015. (Foto: channelnewsasia.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Tiongkok, Li Keqiang, mengucapkan selamat atas terpilih kembali Lee Hsien Loong sebagai Perdana Menteri Singapura.

“Tiongkok dan Singapura diibaratkan  negara yang bertetangga dekat dan selalu menggalang kerja sama di berbagai bidang,” kata dalam sebuah pesan seperti diberitakan xinhuanet, Kamis (1/10).

Kerja sama tersebut, Li menambahkan, diperdalam dengan mencetak prestasi yang signifikan sejak kedua negara menjalin hubungan diplomatik 25 tahun yang lalu.

Pemerintah Tiongkok sangat menghargai perkembangan kerja sama yang saling menguntungkan dengan Singapura. “Tiongkok bersedia untuk melanjutkan kerja sama yang erat dengan negara dan lebih mempromosikan hubungan bilateral,” kata Li.

Partai Aksi Rakyat Singapura (PAP) hari Jumat (11/9) memenangkan mayoritas besar 79 kursi dalam parlemen Singapura yang beranggotakan 89 orang. Partai yang berkuasa di Singapura kembali memegang kekuasaan untuk ke-12  kalinya dalam parlemen yang beranggotakan 89 orang.

PAP didirikan oleh pemimpin kemerdekaan Singapura Lee Kuan Yew, yang meninggal dunia pada 2015. Partai itu sekarang dipimpin oleh putranya Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Kurang dari tiga minggu setelah partai yang berkuasa menang besar dalam pemilu, Singapura hari Senin (28/9) mengumumkan susunan kabinet baru di mana sebagian pejabat senior mengambil peran koordinasi lebih luas mengawasi para menteri-menteri yang lebih muda.

“Perubahan itu adalah tindakan yang  berani dan banyak negara  telah melakukan langkah serupa,” kata Perdana Menteri Lee Hsien Loong. 

Lee menambahkan perubahan itu terjadi karena adanya keprihatinan tentang keamanan internasional dan ekonomi yang makin sulit. (xinhuanet.com/ voaindonesia.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home