Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:20 WIB | Rabu, 22 Mei 2024

Polandia Akan Bangun 400 Kilometer Pagar Perbatasan di Timur Senilai Rp 400 Triliun

Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk. (Foto: dok.AP)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Polandia akan menghabiskan lebih dari 2,3 miliar euro (setara Rp 400 triliun) untuk membentengi perbatasan timurnya, sisi timur Uni Eropa, dari musuh potensial, kata Perdana Menteri Donald Tusk pada hari Sabtu (19/5).

“Kami telah mengambil keputusan untuk menginvestasikan 10 miliar zlotys untuk keamanan kami dan yang terpenting untuk mengamankan perbatasan timur kami,” katanya, seraya menyebut proyek tersebut sebagai “perisai timur.”

Perbatasan timur Polandia mencakup dengan Belarusia, Ukraina, dan eksklave Kaliningrad Rusia.

“Penguatan perbatasan sepanjang 400 kilometer (sekitar 250 mil) dengan Rusia dan Belarusia akan menjadi elemen pencegahan, sebuah strategi untuk menghentikan perang di perbatasan kita,” katanya, seraya menambahkan bahwa pekerjaan tersebut belum dimulai.

Sejak dimulainya invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022, Warsawa dengan gigih mendukung Kiev dan menjadi jalur transit senjata yang dipasok oleh sekutu Barat Ukraina.

Warsawa juga telah memodernisasi angkatan bersenjatanya dan meningkatkan belanja pertahanan hingga empat persen dari PDB, salah satu yang tertinggi di Uni Eropa.

Mereka juga telah memperoleh peralatan militer senilai miliaran dolar, terutama dari Amerika Serikat dan Korea Selatan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home