Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 18:45 WIB | Senin, 11 Desember 2023

Pompa Air Ancol Sentiong Diharapkan Kurangi 62 Persen Banjir Jakarta

Presiden meresmikan pompa air Ancol Sentiong di Jakarta Utara.
Presiden Joko Widodo ketika meninjau pompa air Ancol Sentiong, yang diresmikan hari Senin (11/12) di Jakarta Utara. (Foto: BPMI Setpres)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joko Widodo meresmikan Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Jakarta Utara, pada hari Senin, 11 Desember 2023.

Presiden Jokowi meyebut stasiun pompa air tersebut merupakan langkah lebih lanjut dalam upaya pemerintah untuk mengurangi banjir di wilayah DKI Jakarta.

“Ini kita harapkan banjir di Jakarta bisa berkurang kurang lebih 62 persen,” kata Presiden dalam sambutannya saat peresmian. Dan secara efektif mereduksi banjir di tujuh kecamatan di wilayah setempat.

"Ini saya kira akan banyak sekali mengurangi daerah-daerah yang biasanya terkena banjir di DKI Jakarta, dan ini khusus untuk pompa Sentiong ini akan mengurangi banjir di tujuh kecamatan," katanya. Tujuh kecamatan itu adalah Pademangan, Tanjung Priok, Kemayoran, Cempaka Putih, Johar Baru, Matraman, dan Senen.

Stasiun pompa air terbesar di Indonesia yang didanai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) senilai Rp 481 miliar itu efektif mereduksi total 879 hektare lahan banjir di Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat. Pompa tersebut sekaligus memperkuat mitigasi banjir di DKI Jakarta mulai dari hulu hingga hilir.

Pada bagian hulu, pemerintah telah merealisasikan area tangkapan air di Bendungan Ciawi dengan volume tampung 6,05 juta meter persegi dan luas genangan 39,40 hektare melalui biaya pembangunan sebesar Rp798,7 miliar.

Pemerintah juga mereduksi debit air Sungai Ciliwung yang mengalir ke Jakarta, dari 56,52 menjadi 41,05 meter kubik per detik lewat hadirnya Bendung Sukamahi.

"Kemudian juga sodetan Ciliwung sudah selesai juga, untuk masuk air dari Sungai Ciliwung ke Banjir Kanal Timur," katanya.

Mitigasi banjir lainnya yang juga ditempuh pemerintah, kata dia, normalisasi Sungai Ciliwung yang saat ini menyisakan area 17 kilometer.

"Dan yang paling bawah sekarang, di Ancol di Sentiong, yaitu Stasiun Pompa Air Sentiong, karena memang dari atas, akhirnya juga ke sini, ke Pluit, tapi ini adalah pompa terbesar yang sudah dibangun oleh Kementerian PU dan kita harapkan akan sangat mengurangi banjir yang ada di DKI Jakarta, utamanya di tujuh kecamatan," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home