Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:15 WIB | Minggu, 04 September 2016

Presiden Jokowi Memulai Agenda KTT G20 di Tiongkok

Presiden Joko Widodo ((kiri) dan Ibu Iriana Widodo (kedua kiri) disambut Chairman and Chief Executive Alibaba Group Jack Ma (tengah) di kampus Xixi di Hangzhou, Provinsi Zhejiang Province, Tiongkok, hari Jumat (2/9). (Foto: Antara)
HANGZHOU, SATUHARAPAN.COM - Presiden Joko Widodo akan memulai agenda dalam konferensi tingkat tinggi KTT G20 di Hangzhou, Tiongkok, hari Minggu (4/9). KTT yang digelar di Hangzhou International Expo Center (HIEC) direncanakan berlangsung dua hari 4-5 September 2016.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan sejumlah rangkaian acara akan diikuti oleh Presiden hari ini.
 
"Acara pokok Presiden hari ini tentunya mengikuti, menghadiri KTT G20, setelah pembukaan pada hari ini sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, hari ini ada satu sesi yaitu satu sesi saja sebelum kemudian akan ada acara gala dinner, sementara empat sesi lainnya akan diselenggarakan besok pagi," kata Menlu.
 
Dalam KTT G20 Tiongkok ini menurut Menlu mengusung tiga pilar utama yaitu inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital. Ketiga pilar ini akan diterjemahkan ke dalam lima sesi yang akan dibahas selama KTT berlangsung. Presiden Jokowi sendiri akan bertindak sebagai pembicara utama pada sesi kedua esok hari.
 
Kunjungan ke Huawei
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke kantor Huawei. Huawei merupakan perusahaan telepon pintar terbesar ketiga di dunia setelah Samsung dan Apple. Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Chairwoman Huawei Technologies Sun Yafang dan membahas berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Huawei.
 
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, kemungkinan kerja sama dengan Huawei adalah di bidang pendidikan kejuruan di Research Centers yang dimiliki Huawei baik yang ada di Tiongkok maupun di Eropa dan Amerika Serikat.
 
"Huawei juga sudah memiliki kerja sama dengan enam universitas besar di Indonesia untuk alih teknologi," ujar Retno.
 
Retno juga mengatakan bahwa Indonesia direncanakan akan bekerja sama dengan Huawei dalam penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta.
 
Hari ini Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Wakil Kedua Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Kerajaan Arab Saudi, Wakil Putra Mahkota, Y.M. Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud di Hotel Dahua Boutique, Hangzhou. (Setpres)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home