Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:34 WIB | Kamis, 02 Januari 2014

Pria China Diselamatkan Setelah Gagal Mendarat di Pulau Sengketa

Balon yang gagal mendatar di dekat pulau sengketa antara Jepang dan China. (Foto dari nbcnews.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Seorang pria asal China diselamatkan oleh Penjaga Pantai Jepang setelah berupaya untuk mendaratkan sebuah balon udara di atas pulau yang disengketakan antara Tokyo dan Beijing. Dia gagal mendarat, kata petugas Jepang, hari Kamis (2/1).

Pria berusia 35 tahun itu lepas landas dari provinsi Fujian pada hari Rabu (1/1) pagi, bertujuan untuk mendarat di salah satu kepulauan yang dikontrol Tokyo, dikenal sebagai Senkaku dalam bahasa Jepang dan Diaoyu dalam bahasa China, kata petugas penjaga pantai.

Namun dia mengirimkan sebuah permintaan penyelamatan ketika dia menemui masalah di dekat kepulauan di Laut China Timur tersebut beberapa jam kemudian, kata sang petugas.

Sebuah helikopter penyelamat menemukan balon itu 22 kilometer dari selatan kepulauan tersebut dan menyelamatkan sang pria, yang tidak terluka, kata petugas itu. Dia dialihkan ke sebuah kapal patroli China di luar laut teritorial.

Aktivis China dan Taiwan sudah mencoba mendaratkan kapal di kepulauan tersebut namun dihadang oleh penjaga pantai Jepang. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home