Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 10:09 WIB | Sabtu, 18 Juni 2022

Putin: Rusia Tidak Menentang Ukraina Bergabung di Uni Eropa

Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: dok. Ist)

ST, PETERSBURG, SATUHARAPAN.COM-Rusia "tidak menentang" kemungkinan keanggotaan Ukraina di Uni Eropa, kata Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Jumat (17/6) setelah Komisi Eropa merekomendasikan pemberian status kandidat pada Kiev dalam blok beranggota 27 negara.

“Kami tidak menentangnya. Ini adalah keputusan berdaulat mereka untuk bergabung dengan serikat ekonomi atau tidak... Itu urusan mereka, urusan rakyat Ukraina,” kata Putin pada pameran ekonomi tahunan Rusia, Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg.

Rusia, yang telah melancarkan serangan di Ukraina sejak 24 Februari, memandang aspirasi Kiev untuk bergabung dengan NATO sebagai ancaman bagi keamanannya. Tetapi “sejauh menyangkut integrasi ekonomi mereka, itu adalah pilihan mereka,” kata Putin.

“Uni Eropa bukan aliansi militer, tidak seperti NATO,” katanya. Presiden Rusia, bagaimanapun, mengatakan dia percaya bahwa jika Ukraina melanjutkan bergabung dengan UE, itu akan "berubah menjadi semi-koloni" negara-negara Barat. “Itu pendapat saya,” katanya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home