Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 17:33 WIB | Senin, 12 Juni 2023

Radio Selandia Baru Pecat Jurnalis Terkait Berita Berisi Sampah Propaganda Rusia

Papan di gedung Radio Selandia Baru di Wellington, Selandia Baru, 7 Maret 2022. (Foto: Mark Mitchell/New Zealand Herald via AP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Radio Selandia Baru (RNZ) memecat jurnalisnya karena belasan berita memasukkan informasi sampah propaganda Rusia dalam perang di Ukraina.

Kepala stasiun radio publik Selandia Baru pada hari Senin (12/6) meminta maaf karena menerbitkan "sampah pro Kremlin" di situs webnya setelah belasan berita tentang perang Ukraina diketahui telah diubah.

Sebagian besar cerita, yang berasal lebih dari setahun, ditulis oleh kantor berita Reuters dan diubah di Radio Selandia Baru untuk menyertakan propaganda Rusia. Terkait kasus ini, seorang jurnalis digital dari RNZ telah diberhentikan sambil menunggu hasil investigasi ketenagakerjaan.

Paul Thompson, kepala eksekutif RNZ yang didanai pembayar pajak, mengatakan telah menemukan masalah dalam 16 cerita dan menerbitkannya kembali di situs webnya dengan koreksi dan catatan editor. Dia mengatakan dia menugaskan tinjauan eksternal terhadap proses pengeditan organisasi.

“Ini sangat mengecewakan. Saya patah hati. Itu menyakitkan. Ini mengejutkan,” kata Thompson di acara RNZ Nine to Noon. "Kita harus memahami bagaimana hal itu terjadi."

Thompson mengatakan telah meninjau secara forensik sekitar 250 cerita sejak pertama kali diberitahu tentang masalah tersebut pada hari Jumat dan akan meninjau ribuan lainnya.

Beberapa perubahan hanya beberapa kata dan akan sulit dikenali oleh pembaca biasa. Perubahan termasuk penambahan narasi pro Kremlin seperti "Rusia mencaplok Krimea setelah referendum" dan bahwa "neo Nazi telah menciptakan ancaman" terhadap perbatasan Rusia.

Referendum yang sebenarnya diadakan setelah Rusia menguasai Krimea, dan itu dianggap palsu dan tidak diakui secara internasional. Rusia selama bertahun-tahun juga mencoba menghubungkan Ukraina dengan Nazisme, terutama mereka yang telah memimpin pemerintahan di Kiev sejak kepemimpinan pro Rusia digulingkan pada tahun 2014. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, seorang Yahudi, dengan marah menolak klaim tersebut.

Mantan Perdana Menteri Selandia Baru, Helen Clark, men-tweeted bahwa dia mengharapkan yang lebih baik dari penyiar publik.

“Luar biasa bahwa ada begitu sedikit pengawasan editorial di Radio Selandia Baru sehingga seseorang yang dipekerjakan oleh/dikontrak mereka dapat menulis ulang konten online untuk mencerminkan sikap pro Rusia tanpa sepengetahuan staf senior,” tulisnya. “Akuntabilitas?”

Thompson memberi tahu program Nine to Noon bahwa biasanya hanya satu orang di RNZ yang diminta untuk mengedit cerita layanan kawat karena cerita tersebut telah mengalami pengeditan yang kuat. Namun dia mengatakan RNZ sekarang menambahkan lapisan pengeditan lain ke cerita semacam itu.

Dia mengatakan ingin meminta maaf kepada pendengar, pembaca, staf, dan komunitas Ukraina. “Sangat mengecewakan bahwa sampah pro Kremlin ini berakhir di cerita kami,” kata Thompson kepada Nine to Noon. "Itu tidak bisa dimaafkan."

RNZ dimulai sebagai penyiar radio tetapi saat ini adalah organisasi multimedia dan situs webnya menempati peringkat di antara situs berita yang paling banyak dilihat di negara ini. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home