Restorasi Bisa Menguak Holy Sepulchre Bukan Makam Yesus
SATUHARAPAN.COM – Candida Moss, Guru Besar Bidang Perjanjian Baru Universitas Notre Dame Indiana, mengungkapkan proses restorasi Gereja Holy Sepulchre di Yerusalem punya kemungkinan untuk menguak gereja berumur 1.600 tahun itu ternyata bukan makam taman Yusuf dari Arimatea tempat makam Yesus Kristus setelah disalib.
Dalam situs berita politik dan budaya pop The Daily Beast, Sabtu (25/6), Moss mengungkapkan opininya.
Setelah bertahun-tahun perselisihan antarkelompok agama dan tujuh puluh tahun perbaikan sementara, situs paling suci Kristen ini akhirnya direstorasi. Gereja Makam Kudus—The Church of Holy Sepulchre—lokasi tradisional makam tempat tubuh Yesus diletakkan selama tiga hari antara kematian dan kebangkitan-Nya diperbaiki. Sebenarnya gereja itu praktis sudah runtuh dan arkeolog harus masuk makam itu untuk menstabilkan situs dengan mortar dan baut titanium. Dalam proses itu, arkeolog akan membuka makam Yesus untuk pertama kalinya dalam dua ratus tahun.
Menurut Alkitab, setelah Yesus disalibkan tubuhnya diambil dan ditempatkan di makam Yusuf dari Arimatea, seorang Yahudi kaya yang hadir di pengadilan Yesus. Ini tidak biasa; mayat penjahat yang dieksekusi salib biasanya dibiarkan membusuk tempat mereka digantung atau dibuang begitu saja ke dalam lubang terdekat.
Guru Besar Perjanjian Baru Universitas Notre Dame Candida Moss. (Foto: candidamoss.com)
Tidak jelas mengapa Yusuf menyiapkan bagi Yesus makam—beberapa pakar berhipotesis bahwa dia adalah seorang simpatisan Yesus yang ingin menghindari skandal terkait dengan meninggalkan seorang Yahudi tidak terkubur selama Paskah—tetapi dengan kebangkitannya, kubur itu menjadi batu ujian untuk para peziarah Kristen dan simbol ajaran Kristen yang paling penting.
Selama 2.000 tahun terakhir situs di Gereja Makam Kudus ada empat gereja berturut-turut. Struktur Kristen awal dibangun atas perintah Kaisar Konstantinus pada abad keempat kemudian hancur oleh perang dan dibangun kembali pada abad kesebelas. Kemudian, digantikan oleh gereja era Tentara Salib dalam periode abad pertengahan. Gereja terakhir dihancurkan oleh api pada tahun 1808 dan dibangun kembali atas perintah Gereja Ortodoks Yunani segera sesudahnya.
Walaupun laporan tentang renovasi sudah ada sejak abad ke-19, itu dilakukan sebelum munculnya studi arkeologi ketat. Laporan tidak lengkap dan sulit untuk mengetahui berapa banyak bukti yang tersapu
Gereja saat ini, seperti gereja lainnya di Tanah Suci, bersama-sama dikelola oleh Katolik Roma, Koptik, Ortodoks Yunani, dan Katolik Armenia. Semua memiliki kepentingan dalam penggalian arkeologi dan secara teritorial mereka menjaga akses ke Gereja. Territorialism ini telah lama membuat proyek restorasi tertunda.
Kesepakatan
Setelah ada kesepakatan antara Paus dan Patriark Ortodoks Yunani restorasi bisa dimulai. Raja Abdullah II dari Yordania, pelindung Muslim dari tempat suci di Yerusalem bersedia membiayai ekskavasi. Ini membuat Abdullah penguasa Muslim ketiga (setelah Umar bin Khattab dan Saladin) yang melindungi gereja dari kehancuran.
Selama sembilan bulan ke depan situs akan menjadi sarang aktivitas untuk konservasionis Yunani, yang mengimpor marmer dan menyuntikkan semen abad ke-21 menjadi fondasi gereja abad ke-12. Mereka memproduksi pagar permanen pengganti yang didirikan oleh gubernur Inggris pada tahun 1947. Sebagai bagian dari penggalian, mereka akan menghapus slab di atas makam. Dan, untuk pertama kalinya sejak 1810, mereka akan memasuki makam.
Bahkan sebelum itu, mereka telah membuat penemuan. Radar, drone, dan laser telah mengungkapkan adanya celah yang sebelumnya tidak diketahui di batu makam. Retak kemungkinan produk dari tekanan terhadap pondasi pendukung kubah gereja. Tapi, apa kebenaran lain yang dapat digali? Dan, apakah ini akan memperkuat fondasi iman Kristen?
Bukan Golgota?
Satu masalah dengan situs ini adalah bahwa itu hanya tempat tradisional ibadah sejak abad keempat, sekitar tiga ratus lima puluh tahun setelah kematian Yesus. Ada sebuah kisah ajaib yang terkait dengan penemuan situs di abad keempat ini, tapi kita tidak bisa benar-benar yakin bahwa Konstantinus dan ibunya, Helena, mengambil lokasi yang benar.
Sebelum pembangunan, kapel yang didirikan Konstantinus adalah situs kuil yang didedikasikan untuk Dewi Aphrodite yang dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian (memerintah 117-138). Mereka yang percaya bahwa ini adalah situs pemakaman Yesus berpikir bahwa Hadrian membuat kuil untuk menghalangi orang-orang Kristen beribadah di sana. Ini mungkin kebetulan, tapi ada banyak yang berharap bahwa konservator akan menemukan bukti yang dapat mendorong asosiasi lebih jauh ke belakang, bahkan mungkin ke dalam abad pertama.
Ketika arkeolog Martin Biddle mempelajari situs di tahun 1990-an, misalnya, ia membuat hipotesis bahwa orang Kristen mungkin telah meninggalkan graffiti di situs. Graffiti itu sendiri mungkin slogan liturgi seperti “Dia telah bangkit!” atau “Dia tidak ada di sini.” Dan, tentu saja, graffiti yang bertulis bukti lebih baik bahwa ini adalah situs pemakaman Yesus.
Namun secara historis, penggalian situs agama perdana telah jarang berimbang. Pemeriksaan dari ruang bawah tanah di bawah Basilika Santo Petrus di Roma pertengahan abad kedua puluh hati-hati dikendalikan. Sejarawan tidak mampu memverifikasi secara independen klaim dari arkeolog yang memimpin bahwa graffiti ditemukan di sana bertuliskan “Petrus di sini” atau banyak potongan kunci lain dari bukti yang berkaitan dengan sisa jenazah Petrus.
Penggalian di Gereja Makam Kudus berjanji untuk menjadi lebih baik, terutama karena situs akan terus terbuka untuk pengunjung dan peziarah selama proses renovasi. Pada saat yang sama ada kekhawatiran bahwa mereka yang terlibat terlalu emosional. Patriark Theophilus III dari Gereja Ortodoks di Yerusalem mengatakan kepada The Washington Post bahwa tidak mungkin untuk tetap acuh tak acuh di situs ini. “Ini bukan sebuah monumen arkeologi. Batu-batu itu bukan batu belaka.”
Gereja Protestan mungkin merasa berbeda. Bagi banyak warga Protestan tempat peristirahatan tradisional Yesus adalah Garden Tomb di Yerusalem. Digali pada tahun 1867, makam batu-potong ini terletak di sebelah situs yang oleh pakar abad kesembilan belas disebut sebagai Golgota atau Kalvari (tempat Yesus disalibkan).Identifikasi situs telah diperdebatkan oleh hampir semua pakar. Namun demikian, makam Garden Tomb ini dikelola oleh sebuah badan amal non-denominasi dan terus menjadi sebuah situs ziarah bagi kelompok evangelikal, khususnya.
Mereka yang berharap untuk bukti bahwa Yesus dikuburkan di sini kemungkinan akan kecewa. Bahkan jika makam Yusuf dari Arimatea awalnya sini, pembangunan sebuah kuil pagan, empat Gereja berturut-turut, dan beberapa pemecatan dari Yerusalem kemungkinan akan menghancurkan banyak bukti. Mungkin terburuk yang bisa terjadi adalah bahwa arkeolog menemukan bukti bahwa ini adalah itu bukan makam Yusuf. Pada akhirnya titik kebangkitan adalah bahwa tubuh Yesus tidak ada di dalam kubur. Dan seperti sejarawan mengatakan, tidak adanya bukti berarti tidak ada kejadian. Jadi, membuktikan sesuatu yang sudah tidak ada lebih sulit.
Editor : Eben E. Siadari
Empat Kue Tradisional Natal dari Berbagai Negara
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perayaan Natal pastinya selalu dipenuhi dengan makanan-makanan berat untu...