Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:54 WIB | Jumat, 15 September 2023

Ribuan Orang Terkubur dalam Runtuhan Kota Derna, Libya, Akibat Banjir Bandang

Korban tewas tercatat mencapai 5.500, dan 9.000 lainnya masih hilang.
Kerusakan akibat banjir besar terlihat di Derna, Libya, hari Rabu, 13 September 2023. Tim pencari menyisir jalan-jalan, bangunan yang hancur, bahkan di tepai laut untuk mencari jenazah di Derna, tempat runtuhnya dua bendungan yang memicu banjir bandang besar-besaran yang menewaskan ribuan orang. (Foto: AP)

TRIPOLI, SATUHARAPAN.COM-Kota Derna di Libya yang hancur telah menguburkan ribuan orang dalam kuburan massal, kata para pejabat pada hari Kamis (14/9), ketika tim pencari menjelajahi reruntuhan akibat banjir dahsyat dan wali kota kota tersebut mengatakan jumlah korban tewas bisa mencapai tiga kali lipat.

Banjir menyapu seluruh keluarga pada hari Minggu (10/9) malam dan mengungkap kerentanan di negara kaya minyak yang telah terperosok dalam konflik sejak pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan diktator lama Moammar Gadhafi. Pejabat kesehatan telah mengkonfirmasi 5.500 kematian dan mengatakan 9.000 orang masih hilang.

Yang Terjadi di Libya

 Daniel, badai Mediterania yang sangat kuat, menyebabkan banjir mematikan di kota-kota di Libya timur, namun yang paling parah terkena dampaknya adalah kota Derna. Saat badai menghantam pantai pada Minggu (10/9) malam, warga mengatakan mereka mendengar ledakan keras ketika dua bendungan di luar kota runtuh. Air banjir menyapu Wadi Derna, sebuah lembah yang membelah kota, menghancurkan bangunan-bangunan dan menghanyutkan orang-orang ke laut.

Seorang pejabat PBB mengatakan pada hari Kamis (14/9) bahwa sebagian besar korban sebenarnya bisa dihindari.

“Jika layanan meteorologi beroperasi normal, mereka bisa mengeluarkan peringatan,” kata ketua Organisasi Meteorologi Dunia, Petteri Taalas, kepada wartawan di Jenewa. “Otoritas manajemen darurat akan mampu melakukan evakuasi.”

WMO mengatakan awal pekan ini bahwa Pusat Meteorologi Nasional telah mengeluarkan peringatan 72 jam sebelum banjir, memberitahukan semua otoritas pemerintah melalui email dan media.

Para pejabat di Libya timur memperingatkan masyarakat tentang badai yang akan datang tetapi tidak menyatakan bahwa bendungan tersebut akan runtuh atau memberikan rencana evakuasi.

Konlik di Libya Mempengaruhi Tanggapan Ancaman Bencana

Kehancuran yang mengejutkan mencerminkan intensitas badai, namun juga kerentanan Libya. Libya yang kaya akan minyak telah terpecah di antara pemerintahan-pemerintahan yang bersaing selama sebagian besar dekade terakhir:satu di wilayah timur, yang lain di ibu kota, Tripoli, dan salah satu dampaknya adalah meluasnya pengabaian terhadap infrastruktur.

Dua bendungan yang runtuh di luar Derna dibangun pada tahun 1970-an. Sebuah laporan oleh badan audit yang dikelola negara pada tahun 2021 mengatakan bendungan-bendungan tersebut tidak dipelihara meskipun ada alokasi lebih dari dua juta euro untuk tujuan tersebut pada tahun 2012 dan 2013.

Perdana Menteri Libya yang bermarkas di Tripoli, Abdul Hamid Dbeibah, mengakui masalah pemeliharaan tersebut dalam rapat Kabinet hari Kamis dan meminta Jaksa Penuntut Umum untuk segera membuka penyelidikan atas runtuhnya bendungan tersebut.

Bencana ini menghadirkan momen persatuan yang jarang terjadi, ketika lembaga-lembaga pemerintah di seluruh negeri bergegas membantu daerah-daerah yang terkena dampak.

Sementara pemerintah Libya timur yang berbasis di Tobruk memimpin upaya bantuan, pemerintah barat yang berbasis di Tripoli mengalokasikan dana setara dengan US$ 412 juta untuk rekonstruksi di Derna dan kota-kota timur lainnya, dan kelompok bersenjata di Tripoli mengirimkan konvoi bantuan kemanusiaan.

Situasi Libya Terkini

Kota Derna telah mulai menguburkan jenazah, sebagian besar di kuburan massal, kata Menteri Kesehatan Libya Timur, Othman Abduljaleel.

Lebih dari 3.000 jenazah telah dimakamkan pada Kamis pagi, kata menteri, sementara 2.000 lainnya masih diproses. Dia mengatakan sebagian besar korban tewas dikuburkan di kuburan massal di luar Derna, sementara yang lain dipindahkan ke kota-kota terdekat.

Abduljaleel mengatakan tim penyelamat masih mencari reruntuhan bangunan di pusat kota, dan penyelam menyisir laut di dekat Derna.

Tak terhitung jumlahnya yang mungkin terkubur di bawah lumpur dan puing-puing, termasuk mobil yang terbalik dan bongkahan beton, yang tingginya mencapai empat meter (13 kaki). Tim penyelamat kesulitan membawa peralatan berat ketika banjir menghanyutkan atau memblokir jalan menuju daerah tersebut.

Jumlah Korban Tewas

Otoritas kesehatan menyebutkan jumlah korban tewas di Derna mencapai 5.500 pada Kamis pagi. Jumlah kematian kemungkinan akan meningkat seiring pencarian terus dilakukan, dan setidaknya 9.000 orang masih hilang, kata Ossama Ali, juru bicara pusat ambulans di Libya timur.

“Beberapa jenazah mungkin tidak ditemukan, apalagi yang tersapu ke laut,” katanya.

Pejabat setempat memperkirakan jumlah korban tewas mungkin jauh lebih tinggi dari yang diumumkan. Dalam komentarnya kepada stasiun televisi Al Arabia milik Arab Saudi, Wali Kota Derna, Abdel-Moneim al-Ghaithi, mengatakan jumlah korban jiwa bisa bertambah hingga 20.000 orang mengingat jumlah lingkungan yang tersapu banjir.

Seorang pejabat di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di PBB di Libya menyebutkan korban jiwa bisa mencapai 7.000 orang karena masih banyaknya orang yang hilang. Pejabat itu tidak berwenang memberi pengarahan kepada media dan berbicara tanpa menyebut nama.

Badai tersebut juga menewaskan sekitar 170 orang di wilayah lain di Libya timur, termasuk kota Bayda, Susa, Um Razaz dan Marj, kata menteri kesehatan.

Korban tewas di Libya timur termasuk sedikitnya 84 warga Mesir, yang dipindahkan ke negara asal mereka pada hari Rabu. Lebih dari 70 orang berasal dari satu desa di provinsi selatan Beni Suef. Media Libya juga mengatakan puluhan migran Sudan tewas dalam bencana tersebut.

Bantuan untuk Para Korban

Banjir juga telah menyebabkan sedikitnya 30.000 orang di Derna mengungsi, menurut Organisasi Migrasi Internasional PBB, dan beberapa ribu lainnya terpaksa meninggalkan rumah mereka di kota-kota timur lainnya, katanya.

Banjir merusak atau menghancurkan banyak akses jalan menuju Derna, sehingga menghambat kedatangan tim penyelamat internasional dan bantuan kemanusiaan. Pihak berwenang setempat berhasil membersihkan beberapa rute, dan selama 48 jam terakhir konvoi kemanusiaan telah berhasil memasuki kota tersebut.

Komite Internasional Palang Merah mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya telah menyediakan 6.000 kantong jenazah kepada pemerintah daerah, serta obat-obatan, makanan dan pasokan lainnya yang didistribusikan kepada masyarakat yang paling terkena dampaknya. Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB telah mengeluarkan dana darurat sebesar US$10 juta dan meminta dukungan tambahan.

Bantuan internasional mulai berdatangan awal pekan ini di Benghazi, 250 kilometer (150 mil) sebelah barat Derna. Negara tetangga Mesir, Aljazair, dan Tunisia telah mengirimkan tim penyelamat dan bantuan, begitu pula Turki, Italia, dan Uni Emirat Arab. Inggris dan Jerman juga telah mengirimkan pasokan.

Presiden Joe Biden mengatakan Amerika Serikat akan mengirimkan dana ke organisasi bantuan dan berkoordinasi dengan otoritas Libya dan PBB untuk memberikan dukungan tambahan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home