Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Jumat, 29 Desember 2023

Rusia: Finlandia Yang Pertama Menderita Jika Terjadi Konfrontasi dengan NATO

Bendera Finlandia dan NATO berkibar di halaman kementerian luar negeri, menjelang aksesi Finlandia ke NATO, di Helsinki, Finlandia, pada 4 April 2023. (Foto: dok. Reuters)

HELSINKI, SATUHARAPAN.COM-Finlandia akan menjadi negara pertama yang menderita jika terjadi peningkatan ketegangan antara Rusia dan NATO karena kedekatannya dengan NATO, kantor berita RIA Novosti, mengutip pernyataan diplomat senior Rusia pada hari Kamis (28/12).

Finlandia bergabung dengan NATO tahun ini setelah mempertahankan status netral selama beberapa dekade, sebuah tindakan yang menurut Rusia mengubah Helsinki menjadi aktor yang bermusuhan dalam pandangannya.

“Mereka hidup dengan tenang dan damai dan tiba-tiba berakhir di antara Rusia dan NATO sebagai anggota aliansi tersebut, namun karena mereka adalah tetangga kita, jika, amit-amit, terjadi eskalasi, merekalah yang pertama akan menderita,” Mikhail Ulyanov, perwakilan tetap Rusia untuk organisasi internasional di Wina, mengatakan kepada RIA Novosti.

Rusia memperingatkan Finlandia bulan ini mengenai perjanjian pertahanan baru yang memberikan Amerika Serikat akses luas ke sekitar perbatasan Finlandia dengan Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home