Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:31 WIB | Rabu, 27 September 2023

Rusia Masukan Ketua Pengadilan Kriminal Internasional Dalam Daftar Buron

Gedung pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terlihat di Den Haag, Belanda, 1 Oktober 2018. (Foto: dok. Reuters)

DEN HAAG, SATUHARAPAN.COM-Rusia pada Senin (25/9) mengatakan pihaknya telah memasukkan Piotr Hofmanski, ketua Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), yang mengupayakan penangkapan Presiden Vladimir Putin, ke dalam daftar orang yang dicari.

“Hofmanski Piotr Jozef, dari Polandia. Dicari berdasarkan pasal KUHP Federasi Rusia,” kata sebuah pemberitahuan di database Kementerian Dalam Negeri Rusia. Kementerian tidak memberikan rincian mengenai tuduhan terhadap Hofmanski.

Pada bulan Maret, pengadilan yang bermarkas di Den Haag mengumumkan surat perintah penangkapan terhadap Putin atas tuduhan kejahatan perang, yaitu mendeportasi anak-anak Ukraina secara tidak sah.

ICC juga mengeluarkan surat perintah terhadap Maria Lvova-Belova, komisaris presiden Rusia untuk hak-hak anak, atas tuduhan serupa.

Rusia sebelumnya telah mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap jaksa ICC, Karim Khan, dan beberapa hakim. Rusia, yang bukan anggota ICC, menegaskan surat perintah terhadap Putin “tidak sah.”

Pada bulan September, ICC membuka kantor lapangan di Ukraina, sebagai bagian dari upaya untuk meminta pertanggungjawaban pasukan Rusia atas serangan Moskow di negara yang didukung Barat tersebut. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home