Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki 07:22 WIB | Rabu, 22 Mei 2024

Satgas Cartenz: Lupa Waker Terlibat Tiga Aksi KKB

Anggota KKB Junius alias Lupa Waker yang ditangkap Satgas Damai Cartenz di Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. (HO Satgas Damai Cartenz)

JAYAPURA, SATUHARAPAN.COM - Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, dari hasil penyelidikan yang dilakukan terungkap Lupa alias Junius Waker terlibat dalam tiga aksi kekerasan yang dilakukan KKB di sejumlah wilayah di Papua Tengah.

Junius Waker (21) merupakan anggota KKB pimpinan Goliath Tabuni dan terlibat dalam sejumlah aksi kekerasan yang dilakukan KKB di Kabupaten Mimika dan Puncak.

"Tersangka Junius Waker juga merupakan anggota KKB yang aktif," kata Kaops Satgas Damai Cartenz Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/5).

Dijelaskan, aksi kekerasan yang melibatkan Junius Waker yaitu tanggal 3 November 2017 terlibat penembakan mobil LWB warna putih bertempat di MP 69 Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Kemudian tanggal 27 Maret 2020, terlibat dalam penembakan di Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, yang mengakibatkan seorang warga negara asing (WNA) meninggal dan dua orang mengalami luka.

Tanggal 19 Desember 2019, terlibat dalam penembakan terhadap anggota TNI yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi yang sedang berpatroli hingga menewaskan satu prajurit dan tiga lainnya terluka yang mengakibatkan seorang prajurit meninggal dan tiga orang lainnya terluka.

Selain itu Waker juga terlibat dalam aksi pembakaran camp PT Unggul, Mundidok, Kabupaten Puncak yang dilakukan Pebruari 2021 lalu.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home