Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:57 WIB | Kamis, 03 November 2016

Suara Baghdadi Muncul Perintahkan Tak Mundur dari Mosul

Sebuah tank pasukan Irak menuju desa Abu Shuwayhat, selatan Mosul, pada 1 November 2016. (Foto: AFP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi mengeluarkan perintah supaya pasukannya melawan pasukan Irak yang sudah siap memasuki kota Mosul. 

"Jangan mundur," kata suara yang dikatakan sebagai suara Baghdadi dalam pesan audio yang dirilis hari Kamis (3/11) pagi oleh media Al-Furqan yang berafiliasi dengan ISIS.

“Mempertahankan wilayah kalian dengan kehormatan adalah seribu kali lebih mudah daripada mundur dengan malu," kata dia, di pesan pertamanya dalam lebih dari satu tahun. 

"Pada semua orang-orangku di Niniwe, terutama para pejuang, berhati-hatilah dari setiap kelemahan dalam menghadapi musuh kalian," kata Baghdadi, mengacu pada provinsi Irak utara dengan Mosul sebagai ibu kotanya.

Banyak rumor tentang kondisi kesehatan Baghdadi yang keberadaannya masih belum jelas. Wilayah penguasaan ISIS terus menyusut sejak tahun lalu dan pasukan Irak awal pekan ini sudah mencapai Mosul, kubu besar terakhir militan ISIS di Irak.

Koalisi pimpinan AS memperkirakan ada 3.000 sampai 5.000 militan ISIS di Kota Mosul, tetapi hasil akhir dari pertempuran tampaknya berada dalam sedikit keraguan. 

Puluhan ribu pasukan Irak, didukung pasukan koalisi pimpinan AS dan pesawat tempur yang melancarkan serangan besar-besaran di Mosul, dimulai pada 17 Oktober. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home