Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:50 WIB | Sabtu, 09 Mei 2015

Sudin Kebakaran Usulkan Pembangunan 56 Pos Damkar

Ilustrasi. Para petugas pemadam kebakaran saat mempersiapkan diri untuk masuk ke dalam gedung berupaya memadamkan api. (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat berencana membangun pos pemadam kebakaran yang tersebar di 56 wilayah kelurahan. Pembangunan puluhan pos damkar ini rencananya dilakukan untuk mempercepat pemadaman api serta penanggulangan bencana lainnya.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Pardjoko, mengungkapkan pembangunan akan dimulai pada 2016. Saat ini, pos damkar di wilayah tersebut menurut Pardjoko masih minim.

"Saat ini pos pemadam baru ada di setiap kecamatan atau sektor. Rencananya 2016 mendatang setiap kelurahan akan dibangun pos pemadam," kata Pardjoko, Sabtu (9/5).

Untuk mewujudkan rencana setiap kelurahan terdapat pos pemadam, Pardjoko memprediksi kendala yang ditemui adalah minimnya ketersediaan lahan. Kendati demikian, hal tersebut dapat diminimalisasi dengan menempatkan kontainer dan mobil kecil ukuran 2.500 di setiap kelurahan hingga pos pemadam terbangun.

Selain itu, lanjut Pardjoko, pada 2016 Dinas Pemadam Kebakaran akan memfokuskan Sistem Ketahanan Kebakaran Lingkungan (SKKL) di wilayah Kecamatan Cengkareng dan Kecamatan Kalideres. Sebab, kedua kecamatan tersebut merupakan wilayah dengan kasus kebakaran tertinggi di Jakarta Barat.

Sementara itu, Lurah Kemanggisan, Tri Prasetyo Utomo menjelaskan, pihaknya sudah mengusulkan lokasi pembangunan pos pemadam di Jalan Anggrek Rosliana yang berdekatan dengan rumah dinas lurah.

“Pihak Kelurahan diminta untuk mencarikan lahan dan pihak pemadam yang menyediakan peralatan termasuk mobilnya,” kata Tri. (beritajakarta.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home