Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:10 WIB | Senin, 19 Juni 2023

Target Pemerintah: Seluruh Indonesia Bebas Malaria Tahun 2024

Nyamuk malaria. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah menarget eliminasi malaria pada tahun 2024. Itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, dan optimistis akan tercapai, karena jumlah daerah yang bebas dari malaria terus bertambah.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, menyebut saat ini sudah 381 dari 405 daerah yang berhasil mencapai eliminasi malaria.

''Menurut penilaian kami sudah mendekati, karena target kita di RPJMN 2024 ada 405 kabupaten yang eliminasi, sekarang sudah 381 kabupaten/kota, tinggal sedikit, dengan harapan tahun 2024 bisa lunas,'' kata Dirjen Maxi pada peringatan Hari Malaria Sedunia, Kamis (15/6) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Upaya itu termasuk dengan mengadopsi praktik baik yang sudah dilakukan oleh lima provinsi yakni Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali yang telah berhasil mencapai eliminasi malaria.

Dengan bebas dari malaria akan memberikan dampak baik bagi Indonesia. Semakin banyak daerah yang bebas malaria maka kepercayaan dunia luar terhadap Indonesia semakin tinggi.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home