Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:26 WIB | Selasa, 20 Agustus 2024

Tiga Anggota Pasukan Penjaga Perdamaian PBB Terluka Akibat Ledakan di Lebanon Selatan

Hamas membantah bahwa gencatan senjata di Gaza sudah dekat.
Anggota pasukan penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa (UNIFIL) melihat perbatasan Lebanon-Israel, saat mereka berdiri di atap menara pengawas di kota Marwahin, di Lebanon selatan, 12 Oktober 2023. (Foto: dok. Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM-Tiga pasukan penjaga perdamaian yang berpatroli "terluka ringan" ketika sebuah ledakan terjadi di dekat kendaraan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) mereka yang ditandai dengan jelas di desa Yarine di Lebanon selatan, kata juru bicara UNIFIL, Andrea Tenenti, pada hari Minggu (18/8).

"Semua pasukan penjaga perdamaian dalam patroli kembali dengan selamat ke pangkalan mereka," kata juru bicara itu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang sifat ledakan tersebut.

"Kami sedang menyelidiki insiden tersebut. Kami sangat mengingatkan semua pihak dan pelaku tentang tanggung jawab mereka untuk menghindari bahaya bagi pasukan penjaga perdamaian dan warga sipil."

Hamas Bantah Gencatan senjata di Gaza Sudah Dekat

Seorang pejabat senior Hamas pada hari Sabtu (17/8) menepis pembicaraan optimistis oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, bahwa gencatan senjata Gaza semakin dekat setelah negosiasi di emirat Teluk Qatar.

"Mengatakan bahwa kita semakin dekat dengan kesepakatan adalah ilusi," kata anggota biro politik Hamas, Sami Abu Zuhri, kepada AFP.

"Kita tidak menghadapi kesepakatan atau negosiasi nyata, melainkan penerapan perintah Amerika."

Ia menanggapi komentar Biden pada hari Jumat bahwa, "Kita lebih dekat dari sebelumnya."

Biden berbicara setelah dua hari perundingan di Qatar di mana Washington mencoba menjembatani perbedaan antara Israel dan militan Hamas Palestina. Kedua belah pihak telah berperang selama lebih dari 10 bulan di Jalur Gaza.

Optimisme sebelumnya selama berbulan-bulan perundingan gencatan senjata sejauh ini terbukti sia-sia.

Namun, taruhannya telah meningkat secara signifikan sejak pembunuhan berturut-turut pada akhir Juli terhadap Fuad Shukur, kepala operasi utama gerakan Hizbullah Lebanon yang didukung Iran, dan kepala politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Kematian mereka memicu sumpah balas dendam dari Hizbullah, Iran, dan kelompok lain yang didukung Teheran di wilayah tersebut yang menyalahkan Israel.

Dalam upaya untuk mencegah konflik yang lebih luas, diplomat Barat dan Arab telah berkeliling Timur Tengah untuk mendorong kesepakatan Gaza yang menurut mereka dapat membantu mencegah pertikaian regional yang lebih luas.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berangkat pada hari Sabtu (17/8) ke Israel dalam upaya untuk menyelesaikan kesepakatan. Ketika upaya menuju gencatan senjata terus berlanjut, demikian pula pembunuhan pada hari Sabtu di Gaza dan Lebanon.

Serangan Israel ke Lebanon

Kementerian Kesehatan Lebanon mengatakan serangan udara Israel di Lebanon selatan menewaskan 10 orang termasuk seorang perempuan Suriah dan dua anaknya.

Serangan itu termasuk yang paling mematikan di Lebanon selatan sejak dimulainya pertukaran tembakan hampir setiap hari antara Israel dan Hizbullah setelah dimulainya perang Gaza pada bulan Oktober.

Militer Israel mengatakan telah menyerang fasilitas penyimpanan senjata Hizbullah.

Di Gaza, tim penyelamat pertahanan sipil mengatakan serangan udara Israel menewaskan 15 orang dari satu keluarga Palestina. Korban tewas di Al-Zawaida turut menambah jumlah korban tewas perang menurut kementerian kesehatan Gaza menjadi 40.074.

"Kami berada di kamar mayat dan melihat pemandangan yang tak terlukiskan dari anggota tubuh dan kepala yang terpenggal serta anak-anak yang dipotong-potong," kata Omar al-Dreemli, seorang kerabat.

Perang Gaza telah membuat sebagian besar penduduk wilayah itu mengungsi, menghancurkan sebagian besar perumahan dan infrastruktur lainnya, serta menyebabkan penyakit menyebar.

Perserikatan Bangsa-bangsa pada hari Jumat mengimbau agar pertempuran dihentikan selama tujuh hari agar dapat memvaksinasi anak-anak terhadap polio, setelah kementerian kesehatan Palestina melaporkan kasus polio pertama di Gaza dalam 25 tahun.

Menjembatani Kesenjangan

Israel mengklaim telah membunuh Shukur, dalam serangan di Beirut selatan, tetapi belum mengomentari secara langsung pembunuhan Haniyeh saat ia mengunjungi Teheran.

Pada hari Jumat, Hizbullah merilis video yang memperlihatkan para pejuangnya mengangkut rudal besar melalui terowongan di fasilitas bawah tanah.

Serangan Hamas yang belum pernah terjadi sebelumnya pada tanggal 7 Oktober terhadap Israel yang memicu perang mengakibatkan kematian 1.198 orang, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP atas angka resmi Israel.

Militan juga menangkap 251 sandera, 111 di antaranya masih ditahan di Gaza, termasuk 39 orang yang menurut militer telah tewas. Lebih dari 100 orang dibebaskan selama gencatan senjata selama satu pekan pada bulan November.

Dalam kunjungannya ke Israel, Blinken akan berusaha untuk "menyelesaikan perjanjian untuk gencatan senjata dan pembebasan sandera dan tahanan," kata Departemen Luar Negeri.

Mediator Mesir, Qatar, dan AS sedang berupaya untuk menyelesaikan rincian perjanjian kerangka kerja yang awalnya digariskan oleh Biden pada bulan Mei. Ia mengatakan Israel telah mengusulkannya.

Dalam pernyataan bersama setelah dua hari perundingan di Qatar, para mediator mengatakan mereka mengajukan kedua belah pihak dengan proposal yang "menjembatani kesenjangan yang tersisa."

Pembicaraan yang bertujuan untuk mengamankan kesepakatan akan dilanjutkan di Kairo “sebelum akhir pekan depan,” kata mereka.

Hamas tidak menghadiri pembicaraan di Doha. Seorang pejabat gerakan tersebut, Osama Hamdan, telah mengatakan kepada AFP bahwa kelompok tersebut akan bergabung jika pertemuan tersebut menetapkan jadwal untuk melaksanakan apa yang telah disetujui Hamas.

Pada hari Jumat, para pejabat mengatakan kepada AFP bahwa Hamas tidak akan menerima “persyaratan baru” dari Israel.

Penghentian permusuhan yang prospektif telah berpusat di sekitar kesepakatan bertahap yang dimulai dengan gencatan senjata awal.

Kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, pada hari Selasa telah merinci persyaratannya untuk gencatan senjata, termasuk "veto terhadap tahanan tertentu" yang dibebaskan dari penjaranya.

Netanyahu Dituduh Hambat Kesepakatan

Presiden Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, yang bertemu dengan Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne, di Kairo pada hari Sabtu (17/8), menekankan perlunya "memanfaatkan peluang" yang ditawarkan oleh pembicaraan yang sedang berlangsung dan "menyelamatkan kawasan dari konsekuensi eskalasi lebih lanjut," kata kepresidenan Mesir.

Menteri Luar Negeri Ayman Safadi dari Yordania menyalahkan Netanyahu karena "menghambat upaya untuk menyelesaikan" kesepakatan dan mendesak tekanan padanya.

Netanyahu telah membantah menjadi penghalang kesepakatan, kata pernyataan Hamas.

Saat perundingan gencatan senjata berlangsung, ribuan warga sipil kembali mengungsi setelah militer Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru menjelang aksi militer yang akan segera dilakukan di Gaza bagian tengah-selatan.

“Selama setiap putaran perundingan, mereka memberikan tekanan dengan memaksa evakuasi dan melakukan pembantaian,” kata Issa Murad, seorang warga Palestina yang mengungsi ke Deir al-Balah.

Selama beberapa hari terakhir, pasukan memperluas operasi mereka di wilayah Khan Younis di selatan Gaza, termasuk dengan “melenyapkan” militan yang telah menembakkan amunisi ke arah Nirim, tepat di luar Gaza, kata militer Israel pada hari Sabtu. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home