Loading...
SAINS
Penulis: Melki 07:24 WIB | Kamis, 22 Agustus 2024

Tips Hindari Gigi Sensitif di Musim Panas

Ilustrasi seseorang membersihkan gigi dan mulutnya (Pexels/Sora Shimazaki)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Musim panas adalah saat yang tepat untuk menikmati berbagai macam makanan, namun gigi sensitif seringkali menghalanginya.

Ditulis laman Hindustan Times Rabu (21/8), Co Founder Bentodent Dr. Neha Chhabra mengatakan meskipun banyak pasta gigi yang tersedia untuk gigi sensitif mengandung nitrat atau sannous flouride, ia menyarankan untuk pilih pasta gigi dengan bahan alami.

“Pasta gigi ini diformulasikan dengan bahan-bahan seperti tanah liat bentonit, cengkeh, propolis, dan daun jambu biji, yang tidak hanya efektif meminimalkan sensitivitas tetapi juga menghindari potensi efek samping, seperti iritasi dan perubahan rasa, yang umumnya terkait dengan bahan kimia,” katanya.

Selain menggosok gigi, membersihkan gigi dengan benang gigi setiap hari juga membantu menghilangkan plak dan bakteri yang menumpuk di gusi, meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi sensitivitas gusi.

Ia juga menyarankan untuk banyak minum air dalam sehari untuk membantu membersihkan partikel makanan dan mengencerkan efek minuman asam atau manis.

“Kalsium penting untuk gigi yang kuat, jadi sertakan produk susu seperti yogurt dan keju dalam makanan Anda untuk meningkatkan perawatan mulut Anda,” tambahnya.

Tidak lupa juga untuk menggunakan obat kumur non alkohol atau herbal untuk perlindungan email gigi ekstra, makan dengan penuh kesadaran menikmati kudapan secukupnya dan berkumur bersih setelah makan.

Dr. Sheetal Kochhar, Konsultan Kedokteran Gigi Umum dan Endodontik serta Perawatan Gigi, Dokter Gigi Spesialis Endodontik dan Kosmetik di Max Multi Specialty Centre, menjelaskan untuk menghindari sensitivitas, seseorang harus melakukan pemeriksaan kesehatan mulut secara teratur, dan menggunakan pasta gigi desensitisasi karena dapat membantu menghalangi rasa sakit yang terkait dengan sensitivitas gigi.

“Dokter gigi dapat membantu Anda memilih pasta gigi yang tepat. Aplikasi fluoride oleh dokter gigi dapat membantu memperkuat gigi dan juga mengurangi sensitivitas,” kata Kochhar.

Perawatan lainnya untuk mencegah gigi sensitif adalah menjalani perawatan saluran akar, sikat gigi berbulu lembut dengan gerakan lembut, cangkok gusi untuk menutupi permukaan akar yang terbuka, mengenakan pelindung gigi untuk menghindari terkikisnya email bagi yang memiliki kebiasaan menggeretakkan gigi.

Seseorang juga harus menghindari makanan asam dan juga minum banyak air setelah memakannya untuk menyeimbangkan kadar asam dalam mulut.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home