Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Selasa, 13 Juni 2023

Topan Kuat Biparjoy Diperkirakan Akan Melanda India dan Pakistan

Pemandangan perahu nelayan yang berlabuh, setelah larangan diberlakukan pada kegiatan pantai menyusul badai siklon, Biparjoy, di atas Laut Arab, di Pelabuhan Ikan Karachi, di Karachi, Pakistan, pada 10 Juni 2023. (Foto: Reuters)

MUMBAI, SATUHARAPAN.COM-Badai di lepas pantai barat India telah menguat menjadi topan yang kuat, yang dapat melanda negara bagian Gujarat di India barat dan bagian selatan Pakistan pekan ini, kata departemen cuaca.

Topan, bernama Biparjoy, diperkirakan akan mendarat pada hari Kamis (15/6) sore antara Mandvi di Gujarat dan Karachi di Pakistan dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum 125-135 kilometer per jam, berembus hingga 150 kilometeer per jam, kata Departemen Meteorologi India (IMD) pada hari Senin (12/6).

Kantor cuaca telah menyarankan komunitas nelayan untuk menghentikan operasi dan evakuasi orang-orang dari wilayah pesisir Saurashtra dan Kutch di Gujarat.

Dua pelabuhan terbesar di India: Mundra dan Kandla, berada di Teluk Kutch, sedangkan kilang Jamnagar, kompleks kilang minyak terbesar di dunia yang dimiliki oleh Reliance Industries, berbasis di Saurashtra.

Tujuh tim Pasukan Tanggap Bencana Nasional India dan 12 tim Pasukan Tanggap Bencana Negara telah dikerahkan di distrik-distrik yang kemungkinan akan terkena dampak badai, kata Ketua Menteri Gujarat Bhupendra Patel dalam sebuah Tweet.

Hampir selusin distrik di pantai Gujarat akan terkena dampak hujan lebat dan angin kencang, meskipun beberapa distrik berpenduduk jarang, yang akan membatasi kerusakan, kata seorang pejabat kantor cuaca, yang menolak disebutkan namanya.

Topan tahun 1998 menewaskan sedikitnya 4.000 orang dan menyebabkan kerusakan ratusan juta dolar di Gujarat.

Biparjoy menunda awal musim hujan tahunan di negara bagian selatan Kerala, tetapi sekarang kondisinya mendukung kemajuan hujan yang sangat dibutuhkan di beberapa bagian lagi di negara bagian Maharashtra, Karnataka, Andhra Pradesh, dan Tamil Nadu, kata kantor cuaca. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home