Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:57 WIB | Rabu, 02 Oktober 2024

Tradisi Unik Menggiring Domba di Jembatan London, Inggris

Ini juga dilakukan oleh aktor Damian Lewis yang termasuk diberi anugerah Freeman of the City of London.
Damien Lewis menggiring domba melintasi Jembatan Southwark, London, dalam London Sheep Drive ke-11, di London, hari Minggu, 29 September 2024. (Foto: James Manning/PA via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Aktor Damian Lewis menggiring kawanan domba menyeberangi Sungai Thames pada Minggu (29/9) untuk menghormati tradisi yang telah berusia berabad-abad.

Lewis merupakan salah satu dari ribuan orang yang dianugerahi gelar kehormatan Freeman of the City of London, yang pada abad pertengahan disertai dengan hak untuk membawa ternak menyeberangi sungai ke pasar tanpa membayar tol.

Lebih dari 1.000 orang freeman menggunakan hak tersebut pada hari Minggu (29/9) dalam London Sheep Drive tahunan, banyak yang mengenakan topi hitam dan jubah merah. Lewis mengenakan mantel wol kakeknya dan membawa tongkat saat ia memimpin kerumunan yang menggiring hewan melintasi Jembatan Southwark.

"Itu luar biasa," kata Lewis, bintang "Band of Brothers," "Homeland" dan "Wolf Hall."

Lewis diminta untuk mewakili Worshipful Company of Woolmen, serikat dagang yang berdiri sejak abad ke-12. Ia mengatakan bahwa ia senang menjadi bagian dari "hari yang eksentrik dan sangat Inggris ini, yang menghormati tradisi lama."

Manny Cohen, Master Woolman di Worshipful Company of Woolmen, mengatakan bahwa tradisi kuno menggembalakan domba dihidupkan kembali sekitar 15 tahun yang lalu dan telah menjadi acara penggalangan dana amal yang besar.

Namun tidak ada rencana untuk mengembalikan hak istimewa orang merdeka kuno lainnya seperti hak untuk membawa pedang terhunus di depan umum dan untuk dikawal pulang jika ditemukan mabuk. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home