Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 18:50 WIB | Rabu, 14 Juni 2023

UK Maranatha Bagikan Tips Persiapan Karier Mahasiswa via Pakar Profesional Ini

Foto: dok. Medkom UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM- Fritzgerald Salendu, seorang marketing professional membagikan pengalaman kariernya dalam mencari pekerjaan, serta menekankan pentingnya personal branding dan cara membangunnya. 

Menurut Fritz, salah satu aspek krusial dalam membangun personal branding adalah pengembangan keterampilan (skill build) yang dapat diperkuat melalui berbagai kegiatan, seperti kuliah kerja nyata (KKN), magang, organisasi, dan berbisnis.

Tak hanya itu, Fritz juga membahas persiapan yang perlu dilakukan dalam melamar pekerjaan. Menurutnya, banyak pelamar gagal dalam tahap seleksi berkas karena kurang memperhatikan curriculum vitae (CV) mereka.

“Banyak orang sering mengabaikan pentingnya pembuatan CV. Padahal bagi HR, CV merupakan jendela untuk mengevaluasi kemampuan dan pengalaman pelamar," kata Fritz dalam keterangan resmi Universitas Kristen Maranatha dikutip Rabu (14/6).

Saat ini, lanjut Fritz, perusahaan menggunakan sistem ATS (Application Tracking System) untuk menyaring CV pelamar yang memenuhi persyaratan perusahaan.

"Bahkan, kini HR dapat memilih CV terbaik dalam waktu tiga detik berdasarkan kesesuaian keterampilan,” ucapnya.

Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni (DKA) Universitas Kristen Maranatha sebelumnya menggelar Maranatha Job Fair (MJF) pada Selasa, 23 Mei 2023. Salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan adalah Career Talk dengan tema “Career Starter Pack: Building Personal Branding & Mental Resilience for Your Career”. 

Acara ini merupakan career talk pertama pasca pendemi yang diadakan secara on-site di Auditorium Prof. Dr. P. A. Surjadi, M.A. Career talk kali ini menghadirkan Fritzgerald Salendu, seorang marketing professional sebagai pembicara.

Yermia Retno Andreas, S.E., Ketua Bidang Pengembangan Karier dan Layanan Alumni selaku Ketua Pelaksana MJF menjelaskan bahwa tujuan utama acara ini adalah membantu job seeker maupun mahasiswa tingkat akhir dalam mempersiapkan karier mereka ke depannya.

Pada career talk ini, para peserta diberikan gambaran besar mengenai persiapan yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja.

Yermia juga mengatakan, acara ini dirancang sebagai career starter pack yang mencakup pembahasan mengenai persiapan dan tips yang diperlukan. Ia berharap agar acara ini dapat memberikan pengetahuan yang berguna bagi job seeker, mahasiswa aktif, dan mahasiswa tingkat akhir yang akan segera lulus sehingga mereka siap untuk memulai karier.

Selain sesi tanya jawab, Fritz juga berkesempatan untuk me-review CV dari lima peserta. Salah satu jobseeker, Winson Geraldo, S.T., mengungkapkan bahwa career talk ini sangat membantunya.

Winson mengakui mendapatkan tips berharga mengenai bagaimana menjadi seorang pencari kerja yang baik dan cara menjawab pertanyaan dari pewawancara dengan baik pula. 

Selain mendapat pekerjaan, melalui acara ini, ia juga berharap dapat mengeksplorasi bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home