Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:11 WIB | Senin, 11 September 2023

Ukraina dan Swedia Akan Produksi 1.000 Kendaraan Tempur

Kendaraan tempur CV90 terlihat selama latihan militer Aurora 23 di lapangan tembak Rinkaby di luar Kristianstad, Swedia 6 Mei 2023. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina dan Swedia akan bersama-sama memproduksi IFV CV-90 dengan kinerja di segala medan yang lebih baik dan lapis baja multilayer yang diperkuat, dengan tujuan mempersenjatai pasukan Ukraina dengan 1.000 kendaraan, kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, pada hari Minggu (10/9).

“Kendaraan tempur infanteri CV-90 diyakini sebagai yang terbaik di dunia. Dirancang dan diproduksi di Swedia, kendaraan ini memiliki segalanya yang seharusnya dimiliki oleh kendaraan tempur modern, dan keunggulan utamanya adalah menjaga awak (tiga orang) dan pihak pendaratan (hingga delapan orang) karena perlindungan seperti yang dimiliki CV- 90-an tidak tersedia di IFV lainnya,” kata Maliar di Telegram.

Dia menambahkan: “CV-90 tiba untuk angkatan bersenjata pada musim panas 2023 dan sudah melakukan tugas tempur di garis depan. Mereka pertama kali terlihat di arah Lyman, di mana musuh telah mencoba menerobos pertahanan kita selama beberapa bulan.”

Dia menggunakan contoh bagaimana IFV Swedia melindungi awaknya: “Dalam salah satu pertempuran, IFV Swedia melindungi unit infanteri dari tembakan tank dan pada saat itu mereka dihantam oleh drone kamikaze Rusia ‘Lancet’.

Namun, baik kru maupun rombongan pendarat di dalamnya tidak terluka, mereka pindah ke kendaraan lain dan terus melakukan tugas tempur. Jika yang ada BMP-1 atau BMP-2 Soviet dan bukan CV-90, tidak ada yang akan selamat, karena sebenarnya tidak ada lapisan baja pada mesin ini.”

Maliar berkata: “Segera, Angkatan Bersenjata Ukraina akan menerima lebih banyak kendaraan serupa, karena Ukraina dan Swedia telah menyetujui produksi bersama CV-90. Dan target terdekatnya adalah 1.000 IFV Swedia untuk tentara Ukraina.”

Kendaraan Tempur Infanteri (IFV) CV-90 Swedia, diproduksi oleh BAE Systems, adalah kendaraan lapis baja yang sangat canggih dan serbaguna. Senjata ini memiliki mobilitas, perlindungan, dan daya tembak yang luar biasa, menjadikannya aset yang tangguh di medan perang modern.

BAE Systems mengatakan CV-90 lincah dan kuat dalam pertempuran, memimpin di kelas 20-35 ton. “Ini mengintegrasikan berbagai sistem senjata, memberikan kemampuan semua sasaran kepada pasukan darat di seluruh dunia.” (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home