Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Senin, 17 Juli 2023

Ukraina Kehilangan 20 Persen Peralatan Militer Selama Serangan Balasan

Tentara berjalan di tengah tank Rusia yang hancur di Bucha, di pinggiran Kiev, Ukraina, 3 April 2022. Enam bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pasukan ke Ukraina dalam tindakan agresi tanpa provokasi, memulai konflik militer terbesar di Eropa sejak Dunia Perang II. Putin mengharapkan kemenangan cepat tetapi itu telah berubah menjadi perang gesekan yang sengit. Serangan Rusia sebagian besar terhenti karena pasukan Ukraina semakin menargetkan fasilitas utama jauh di belakang garis depan. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina telah kehilangan sekitar 20 persen peralatan militer dan senjatanya sejak memulai serangan balasannya terhadap Rusia, menurut laporan surat kabar New York Times mengutip para pejabat AS.

“Dalam dua pekan pertama serangan balasan Ukraina yang melelahkan, sebanyak 20 persen persenjataan yang dikirim ke medan perang rusak atau hancur,” lapor NYT mengutip pejabat Amerika dan Eropa.

Ini termasuk beberapa senjata dan peralatan berat yang dikirim oleh sekutu Barat seperti tank dan pengangkut personel lapis baja.

Para pejabat mengatakan, tingkat kerugian yang tajam turun menjadi sekitar 10 persen pada pekan-pekan berikutnya, dengan pasukan Ukraina mempertahankan lebih banyak pasukan dan mesin yang dibutuhkan untuk dorongan ofensif besar yang menurut Ukraina belum datang.

Bagian dari peningkatan upaya militer Ukraina dapat dikaitkan dengan perubahan taktik, dengan penekanan lebih besar pada penggunaan artileri dan rudal jarak jauh untuk melemahkan pasukan Rusia daripada terlibat dalam serangan langsung melalui ladang ranjau dan tembakan musuh.

Namun, di tengah perkembangan positif tersebut, ada realitas yang memprihatinkan yang perlu diperhatikan. Serangan balasan itu sendiri menghadapi tantangan, dengan tentara Ukraina menghadapi pertahanan tangguh yang telah melambat dan, di beberapa daerah, bahkan menghentikan kemajuan mereka.

Terlepas dari kekalahan mereka, Ukraina hanya berhasil maju lima dari 60 mil yang ingin mereka tempuh untuk mencapai laut selatan dan membagi pasukan Rusia menjadi dua.

Di sisi lain, karena waktu persiapan Rusia yang signifikan, garis depan sekarang dipenuhi dengan ranjau, rintangan tank, dan pasukan yang bertahan, sementara drone pengintai Rusia dan helikopter serang semakin aktif di daerah tersebut. Mempertimbangkan benteng yang tangguh, dapat dimengerti bahwa Ukraina akan mengalami kerugian yang relatif besar selama fase awal serangan, seperti yang dicatat oleh para ahli.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengakui bahwa serangan balasan telah melambat dalam beberapa pekan terakhir, tetapi menyalahkan kurangnya peralatan dan amunisi dan menuntut sekutu Barat mempercepat pengiriman paket militer yang dijanjikan.

Dia mengatakan dalam pidato malamnya: "Sekarang, ketika kecepatan mengakhiri perang secara langsung bergantung pada dukungan global untuk Ukraina, kami melakukan segala yang mungkin untuk memastikan bahwa dukungan tersebut seintensif dan sebermakna mungkin."

Letnan Jenderal Angkatan Darat Amerika Serikat, Douglas A. Sims II, Direktur Operasi Kepala Staf Gabungan, mengatakan pekan lalu: “Saya pikir itulah yang kami lihat dari Ukraina, adalah bahwa mereka benar-benar berhasil dalam tatanan yang bagus, sungguh, melintasi medan perang. Ini mungkin bukan pada kecepatan yang kami inginkan… Jadi, ini adalah peperangan yang sulit, di medan yang sangat sulit, di bawah tembakan, dan sungguh, jika Anda mempertimbangkan semua itu, ini sangat luar biasa.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home